Masih Banyak Lho Investasi yang Nggak Bodong (1)

Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Kamis, 14 Apr 2022 03:30 WIB
Investasi Bodong
Ilustrasi investasi bodong/Foto: Investasi Bodong (Denny Pratama Putra/detikcom)

Investasi sendiri diambil dari sudut pandang kita sebagai pemilik dana. Sementara produk keuangannya sendiri bisa berupa kepemilikan atau dikenal dengan saham, atau surat utang yang dikenal dengan istilah obligasi.

Sudah barang tentu kita sudah mengetahui bahwa yang namanya investasi pasti mengandung risiko. Risikonya sendiri bermacam-macam, dari mulai resiko investasi, resiko spesifik, sampai resiko sistematik. Salah satu risiko yang sekarang sedang marak adalah penipuan yang kemudian dikenal dengan istilah investasi bodong.

Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan investasi bodong itu sendiri? Bila di search melalui situs pencari, yang dimaksud dengan investasi bodong adalah berasal dari "Kata "bodong" merupakan istilah yang digunakan media masa yang untuk menyebut penipuan dalam investasi. Secara etimologis, "bodong" merupakan kata dalam Bahasa Sunda yang digunakan untuk menyebut penipu investasi".

Dari hasil pencarian lain diketahui Kenapa sebuah investasi kemudian disebut sebagai investasi bodong? Investasi bodong adalah investasi yang akan meminta kita untuk menanamkan sejumlah uang atau modal dalam produk atau bisnis, tapi sebenarnya penanaman uang itu sejatinya tidak pernah ada, sehingga membuat kita pasti akan mengalami kerugian.

Dari sini kemudian muncul suatu fenomena menarik nih. Apa sih fenomena menarik itu? Akan kita bahas di artikel berikutnya.


(hns/hns)