Jurus Jaga Rekening Biar Tak Terkuras Gegara Banyak Agenda Bukber

Yudistira Imandiar - detikFinance
Jumat, 22 Apr 2022 14:14 WIB
BNI
Foto: dok. BNI
Jakarta -

Buka puasa bersama alias bukber menjadi tradisi yang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia. Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dengan keluarga, teman, kerabat yang sudah lama tak berjumpa.

Mungkin Anda kerap mengalami maraton bukber lantaran banyaknya jadwal, baik itu bersama keluarga, teman kantor, teman sekolah, dan sebagainya. Tentu Anda mesti mengeluarkan budget ekstra untuk membayar makanan dan minuman saat bukber. Hal ini bisa bikin rekening terkuras jika tak diperhitungkan dengan matang.

Di Bulan Ramadan, Anda tentu harus cermat mengalokasikan dana, apalagi ketika THR sudah di tangan. Dikutip dari Journal of the Financial Planning Association of Australia (FPA), perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting seiring bertambahnya pemasukan.

Berikut ini tips atur keuangan agar rekening tidak terkuras lantaran kerap kali bukber di luar.

1. Alokasikan Uang Sesuai Skala Prioritas

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Penting kiranya untuk membuat skala prioritas kebutuhan harian. Urutkan berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan pokok dan mendesak dan belanjakan uang sesuai anggaran yang ada. Tak ada salahnya menolak ajakan bukber jika dirasa keuangan sudah tak menyanggupi.

2. Pilih Sahur dan Berbuka di Rumah

Sahur dan berbuka di rumah dapat membantu mengurangi pengeluaran selama Bulan Ramadan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda makan di rumah selagi tak punya jadwal bukber. Selain hemat, menikmati hidangan sahur dan berbuka bersama keluarga akan menambah keharmonisan.

3. Cermat Pilih Menu Makan di Restoran

Sesekali buka puasa di luar tidak masalah. Hanya saja penting untuk mengatur menu yang akan dipesan. Selain itu, sesuaikan dengan alokasi keuangan yang sudah disusun sejak awal. Pilihlah menu yang Anda suka tapi harganya masih ramah di kantong. Tidak perlu gengsi dengan teman-teman jika kamu memilih menu yang lebih murah.

4. Manfaatkan Promo Ramadan

Selama Bulan Ramadan, banyak promo untuk makan di restoran hingga berbelanja. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membantu menghemat pengeluaran.

Sederet promo BNI di halaman berikutnya. Langsung klik