ADVERTISEMENT

Tips Atur THR Biar Bisa 'Beranak' Jadi Duit Lagi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 19 Apr 2022 19:00 WIB
Ilustrasi THR
Tips Atur THR Biar Bisa 'Beranak' Jadi Duit Lagi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi bonus yang ditunggu-tunggu menjelang Hari Raya Idul Fitri. THR bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada saat Lebaran.

Meski demikian, masyarakat disarankan untuk mengalokasikan THR agar tetap memiliki uang saat Lebaran.

"Boleh nggak semuanya saya pakai buat pulang kampung? Boleh-boleh aja. cuma jangan lupa untuk tetap disisihkan atau untuk jaga-jaga gitu ya. paling tidak pembagiannya adalah 90% digunakan untuk Lebaran, 10% untuk menabung," Jelas Perencana Keuangan Andy Nugroho kepada detikcom, Selasa (19/4/2022).

Alokasi THR bisa juga dialokasikan sesuai kebutuhan, misalnya untuk mudik 30-40% dari THR, menabung 30%, dan bayar utang 30%. Jadi, meskipun biaya mudik penting, masyarakat dihimbau untuk menyisihkan sebagian THR untuk ditabung.

THR bisa diinvestasikan ke instrumen yang sesuai dengan kemampuan. Dengan begitu, THR bisa bertambah meski Lebaran usai.

Lalu, investasi apa yang yang cocok untuk menabungkan THR? Andy menjelaskan bahwa hal tersebut tergantung dari pemahaman masing-masing mengenai investasi.

"Nah, hitungan investasi apa yang cocok untuk kita, kalo saya selalu tanya dulu, atau saya selalu nyaranin awalnya kita cek dulu, pahami dulu, profil kemampuan kita menerima risiko itu seperti apa," katanya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT