ADVERTISEMENT

Harus Punya Gaji Berapa untuk Hidup Layak di Jakarta?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 10 Jun 2022 19:30 WIB
Close-up of couple doing finances at home
Foto: thinkstock
Jakarta -

Sebagai Ibu Kota, Jakarta memang dikenal punya harga kebutuhan hidup yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa kota lainnya. Namun, banyak juga warga dari daerah yang sengaja datang ke Jakarta untuk mendapatkan pekerjaan.

Adanya lowongan kerja yang luas, hingga besaran UMR Jakarta yang juga tergolong tinggi. Lantas, harus punya gaji berapa agar seseorang bisa hidup layak di Jakarta?

Pakar perencana keuangan Andy Nugroho mengatakan bahwa dengan sekitar Rp 5 juta saja, sudah bisa hidup dengan layak di Jakarta. Bahkan, bagi sebagian orang jumlah tersebut juga bisa dianggap masih lebih.

"Jadi, sekitar Rp 5 juta saja sudah cukup. Bahkan, bagi sebagian orang juga itu saja masih lebih kok Rp 5 juta," kata Andy kepada detikcom, Jumat (10/6/2022).

Ia mengatakan bahwa hidup layak adalah jika seseorang bisa punya tempat tinggal, bisa makan secara rutin, hingga bisa menyisihkan uang untuk menabung,

"Hidup layak itu adalah kita punya tempat berteduh alias tempat tinggal, baik itu nyewa atau kosan. Kita bisa makan rutin 3 kali sehari secara layak, memenuhi standar gizi. Kita bisa berangkat kerja, dan balik lagi dengan nyaman. Kita bisa terkoneksi dengan internet. Kita punya pakaian yang layak untuk dipakai dan kita bisa menabung. Itu yang dinamakan hidup layak. Bukan hidup bergaya," katanya.

Namun, jumlah tersebut dipakai hanya untuk hidup secara layak, bukan untuk hidup bergaya. Karena, sejatinya jika seseorang ingin hidup bergaya di Jakarta, tentu harus punya penghasilan jauh di atas nominal tersebut.

"Tapi, kalau mau hidup bergaya ya unlimited. Incomenya segitu ya pasti kurang. Bahkan, yang punya gaji Rp 30 juta per bulan, kalau ingin hidup bergaya di Jakarta, bisa saja masih kurang," ujar Andy.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT