Apakah Gaji Rp 5 Juta Bisa Hidup Layak di Jakarta?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 10 Jun 2022 14:18 WIB
Inilah cerita tentang kehidupan di Ibu Kota Jakarta yang sangat kontras dan tergambar jelas akan ketimpangan antara si kaya dan miskin lewat visualisasi ini.
Gaji Rp 5 Juta di Jakarta/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Biaya hidup di setiap kota akan memiliki standarnya masing-masing, termasuk di kota besar seperti Jakarta. Bagi pekerja khususnya perantau, tentu berkeinginan untuk bisa hidup layak di Ibu Kota. Kalau punya gaji Rp 5 juta, apakah bisa hidup layak di Jakarta?

Pakar Perencana Keuangan Andy Nugroho pun mencoba menggambarkan arti dari hidup layak di Jakarta yang seperti apa.

"Kita bicara hidup layak ya. Hidup layak itu kan berarti punya tempat tinggal, bisa makan, bisa ke kantor ke tempat kerja ada uang transportnya, kemudian kita bisa berpakaian layak sesuai dengan pekerjaan kita. Itu yang namanya hidup layak menurut saya," kata Andy kepada detikcom, Jumat (10/6/2022).

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diasumsikan di sini adalah seorang pekerja atau gen z yang baru saja mulai bekerja. Artinya, mereka bisa dibilang anak kosan atau ngontrak dan belum menikah.

"Taruhlah untuk biaya kontraknya yang medium sekitar Rp 1,5 juta. Di bawah itu juga ada, lebih mahal dari itu? Ada banyak. Sekitar daerah Kuningan, Setiabudi itu yang medium ya kurang lebih segitu. Biaya kos untuk tinggal Rp 1,5 juta," jelasnya.

"Kemudian makan untuk bisa hidup, paling tidak 4 sehat 5 sempurna masih tercukupi. Harga makan sekitar Rp 20 ribu, ini makannya bukan di restoran yang mewah ya. Sehari berarti Rp 60 ribu, anggaplah sebulan kalau konsisten kita butuh budget Rp 1,8 juta," sambung Andy.

Andy juga mengatakan kisaran untuk biaya transport pergi dan pulang kantor, menggunakan kendaraan umum di Jakarta.

"Ongkos transport, misal kita naik TransJakarta atau mungkin disambung-sambung naik angkot, atau KRL. Ini kendaraan umum non-taxi online atau ojek online. Paling di kisaran Rp 20 ribu per hari. Anggaplah 1 bulan kita butuh Rp 600 ribu," jelasnya.

Kebutuhan lainnya untuk hidup layak di Jakarta. Klik halaman berikutnya.