ADVERTISEMENT

PNS Simak Nih, Begini Cara Atur Gaji Ke-13 biar Nggak Cuma Lewat

Ilyas Fadillah - detikFinance
Sabtu, 02 Jul 2022 18:00 WIB
Ilustrasi THR Lebaran 2022
Foto: Dok.Detikcom
Jakarta -

Pemerintah lewat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mulai mencairkan gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Cairnya gaji ke-13 tentunya menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh semua penerimanya.

Di antara penerima gaji ke-13, beberapa berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) muda. Menurut perencana keuangan, PNS muda harus pandai mengelola gaji ke-13 meski belum memiliki banyak tanggungan.

"PNS muda, lajang, belum ada rencana nikah, ttp ada masa depan yang harus dipersiapkan," kata perencana keuangan sekaligus pendiri dari Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini Sutikno kepada detikcom, Sabtu (2/7/2022).

Mike mengatakan, PNS muda bisa mengalokasikan gaji ke-13 untuk beberapa prioritas. Misalnya, disisihkan untuk dana darurat untuk mengantisipasi kondisi yang belum pasti akibat pandemi.

Selain itu, meski masih di usia produktif, PNS muda harus bersikap visioner. Mike menyarankan agar PNS muda menabung gaji ke-13 mereka untuk persiapan masa pensiun.

Misalnya, dapat masuk ke produk investasi jangka panjang dengan pertumbuhan yang tinggi. Sebagai contoh, Mike menyebutkan nama deposito, reksadana saham, reksadana pasar uang, yang dapat dikombinasikan dengan instrumen lain.

Gaji ke-13 sebaiknya disiapkan juga untuk menabung aset masa depan. "Kalau masih lajang belum punya aset mungkin mau beli rumah, nah bisa disiapkan untuk dana DP rumah misalnya," imbuh Mike.

Namun, yang bersangkutan harus memasang target jelas terhadap rencananya. Hal ini demi memudahkan pengambilan keputusan untuk rencananya tersebut.

"Misalnya target punya rumah 3 tahun lagi, pilih investasi apa? Misalnya pilih jenis saham, reksadana, yang bisa memberikan pertumbuhan yang Anda targetkan tiga tahun ke depan," pungkasnya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT