ADVERTISEMENT

Nih Tips Liburan Akhir Tahun Anti Dompet Tipis

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 12:03 WIB
Shot of a happy family out on a morning walk together
Mau Liburan Akhir Tahun Tapi Ogah Dompet Tipis? Coba Cara Ini Aja/Foto: Istock
Jakarta -

Musim liburan akhir tahun sebentar lagi. Persiapan dana untuk liburan akhir tahun bisa disiapkan mulai dari sekarang biar dompet nggak tiba-tiba tipis lho.

Perhitungan dana liburan bisa dilakukan dengan memperbanyak porsi persiapan dananya atau mengubah destinasinya. Harga tiket pesawat dan hotel yang sudah berangsur naik dapat mendorong diperlukannya penyesuaian-penyesuaian.

"Jika pos dana liburan untuk akhir tahun ini belum disiapkan, maka dalam waktu tiga bulan ini sebaiknya kita segera mengisinya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penghematan pada pos-pos pengeluaran yang lain, karena waktunya sangat pendek, tinggal beberapa bulan sebelum liburan, pos dana liburan dapat ditempatkan di tabungan," kata Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Dimas Ardhinugraha dalam keterangannya, Selasa (20/9/2022).

Dhimas melanjutkan, alternatif lainnya dengan ditempatkan di reksa dana pasar uang. Selain bebas biaya transaksi dan likuid, potensi imbal hasil reksa dana pasar uang pun lebih optimal dibandingkan tabungan, sementara tingkat risikonya sangat rendah.

"Sebagai gambaran, dalam setahun terakhir, reksa dana pasar uang Manulife Dana Kas II (MDK II) memberikan return lebih tinggi daripada return tabungan," tuturnya.

Siapkan Dana Liburan Tahun Depan

Bagi yang berencana untuk liburan pada Juni atau Juli tahun depan, masih ada waktu sekitar sembilan bulan untuk mempersiapkan dana. Semakin panjang jangka waktu persiapannya, semakin banyak alternatif sarana investasi yang dapat digunakan.

"Selain dapat memanfaatkan reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran juga bisa digunakan untuk menyiapkan dana liburan. Dengan potensi imbal hasil yang lebih menarik, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran juga memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi daripada reksa dana pasar uang," ujarnya.

Namun, ingat ya dalam investasi berlaku prinsip high risk high return dan low risk low return. Mengombinasikan reksa dana pasar uang dengan sejumlah reksa dana pendapatan tetap dan/atau reksa dana campuran dalam portofolio investasi dana liburan akan memberikan potensi imbal hasil yang lebih optimal.

Sebagai gambaran, dalam setahun terakhir, dari akhir Agustus 2021 hingga akhir Agustus 2022 reksa dana pendapatan tetap Manulife Obligasi Unggulan memberikan imbal hasil 3,35%. Dalam periode yang sama, reksa dana campuran Manulife Dana Tumbuh Berimbang (MDTB) memiliki imbal hasil sebesar 6,62%. Kita dapat menggabungkan reksa dana tersebut dan reksa dana pasar uang Manulife Dana Kas II (MDK II) dalam portofolio kita sebagai persiapan dana liburan.

Untuk pergi berlibur dengan nyaman dan bebas utang, sebaiknya dana liburan disiapkan dari jauh-jauh hari. Namun, jika kita hanya memiliki waktu persiapan yang sangat singkat dan dengan dana yang sangat terbatas, kita tetap bisa menikmati waktu liburan dengan nyaman dan bebas utang.

"Caranya antara lain dengan mencari destinasi wisata yang terdekat dan dapat dijangkau dengan moda transportasi yang murah namun tetap nyaman. Esensi liburan adalah untuk menyegarkan pikiran, di mana pun lokasinya," tutupnya.

(ara/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT