4 Jurus Atur Keuangan biar Nggak Boncos Usai Libur Nataru

ADVERTISEMENT

4 Jurus Atur Keuangan biar Nggak Boncos Usai Libur Nataru

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Kamis, 15 Des 2022 16:33 WIB
Ilustrasi Perencanaan Keuangan
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Akhir tahun merupakan momen menyenangkan untuk banyak orang. Di akhir tahun, banyak aktivitas menyenangkan untuk dilakukan, seperti liburan hingga berbelanja memanfaatkan tawaran diskon.

Tapi, tak jarang aktivitas di akhir tahun bisa menyedot banyak uang hingga menguras tabungan. Untuk itu, agar momen Natal dan Tahun Baru tidak membuat keuangan 'jebol' maka sejumlah hal mesti dipersiapkan.

Berikut ini 4 tips atur keuangan jelang momen Natal dan Tahun Baru demi kantong yang tetap sehat.

1. Buat Anggaran

Supaya uang tidak terhambur sia-sia, buat catatan detail pengeluaran apa saja yang muncul selama liburan Natal dan Tahun Baru. Misalnya, biaya transportasi untuk liburan ke luar kota atau luar negeri, penginapan, budget makan, hiburan, belanja, dan lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan uang sesuai pos yang sudah dibuat. Kamu bakal lebih cermat dalam mengeluarkan uang, terutama saat berbelanja agar tidak over budget.

2. Hindari Menggunakan Dana Darurat

Liburan merupakan cara healing paling efektif. Tapi, jangan sampai kegiatan healing mengganggu dana darurat. Mesti diingat, dana darurat sebaiknya hanya digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang sangat mendesak. Sementara itu, liburan sejatinya bukan kebutuhan mendesak yang masih bisa ditunda jika simpanan dana belum mencukupi.

3. Detailkan Setiap Pengeluaran

Selain membuat daftar rencana pengeluaran, akan lebih baik jika kamu mencatat pula uang yang sudah dikeluarkan. Buat catatan detail pengeluaran untuk apa saja, waktu, serta berapa nominalnya sehingga kamu dapat memantau budget yang tersedia. Hal ini akan membantumu berhemat saat liburan Natal dan tahun baru, atau setidaknya tidak melebihi budget yang ditentukan.

4. Amankan Uang Secara Cermat

Agar lebih mudah dan aman saat bertransaksi apapun, baik itu belanja, membeli tiket hiburan, dan sebagainya, simpan uang di tempat yang aman. Sebaiknya simpan uang di satu platform digital saja agar lebih aman dan mudah dipantau. Hal ini juga akan mencegah risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu cara simpel agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, yakni dengan memanfaatkan layanan dompet digital yang mampu memberikan rasa Bebas Cemas, salah satunya DANA yang memiliki sistem keamanan DANA Protection.

DANA bebas cemas.Foto: dok. DANA

Setiap bertransaksi pakai DANA, kamu akan dilindungi dengan PIN DANA, Kode OTP dan DANA Viz (fitur Verifikasi Wajah di DANA) yang pastinya akan menjaga keamanan transaksimu.

Gak cuma itu, jika terjadi kendala pun DANA siap membantu dengan adanya fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA. Di fitur ini, kamu bisa langsung melaporkan kendala yang kamu alami sekaligus mengecek progres dari penyelesaian kendala tersebut. Selain itu lewat fitur ini, kamu juga bisa menghubungi DANA Customer Care 24 Jam lho!

Yang bikin tenangnya lagi, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku. Dengan gini, pastinya kamu akan makin tenang & #BebasDrama deh saat bertransaksi.

Jadi yuk buruan download & pakai DANA sekarang!



Simak Video "Ibarat Google Maps, Ini Efek dari Bikin Perencanaan Keuangan"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT