Hati-hati! Kenali 5 Gejala Kecemasan Finansial yang Bisa Bikin Stres

ADVERTISEMENT

Hati-hati! Kenali 5 Gejala Kecemasan Finansial yang Bisa Bikin Stres

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Senin, 02 Jan 2023 16:11 WIB
Ilustrasi stres keuangan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kecemasan finansial merupakan hal yang nyata dirasakan oleh banyak orang. Penyebabnya beragam, namun umumnya gejala kecemasan finansial meliputi perasaan cemas dan ketakutan ini bisa menimbulkan kelelahan mental dan stres jika dibiarkan berlarut.

Dilansir dari suitsmecard, kecemasan finansial merupakan sikap gelisah dan tak sehat untuk terlibat dan mengelola keuangan pribadi secara efektif. Kegelisahan ini bisa merusak kesehatan mental, bahkan lebih buruk lagi bisa berpengaruh pada kondisi finansial ke depannya.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala kecemasan finansial agar kamu bisa menemukan cara mengatasinya dengan segera. Ingin tahu apa saja gejala kecemasan finansial yang mesti diwaspadai? Simak informasinya berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Stres dan Khawatir Saat Membelanjakan Uang

Dalam aktivitas sehari-hari, pasti Anda harus melakukan transaksi pembayaran baik secara tunai maupun cashless. Meski tampak biasa, hal ini bisa jadi sumber stres bagi banyak orang. Jika Anda sering merasa overthinking saat membelanjakan uang atau terus-menerus memeriksa saldo Anda bahkan untuk pembelanjaan jumlah kecil, bisa jadi Anda mengalami gejala kecemasan finansial.

2. Khawatir Terjerumus Utang

Utang memang suatu hal yang sebisa mungkin harus dihindari. Tak sedikit orang yang khawatir terjerumus hutang. Kekhawatiran ini berbeda-beda pada setiap orang, namun jika kekhawatiran ini sampai membuat Anda sulit tidur atau beraktivitas, hal ini bisa jadi salah satu tanda Anda memiliki kecemasan finansial yang mesti diatasi.

3. Kesulitan Buat Perencanaan Keuangan

Selain takut menggunakan uang, kecemasan finansial juga bisa ditandai dengan kontrol keuangan yang kurang baik. Misalnya kesulitan membuat perencanaan keuangan hingga pendapatan dan pengeluaran tak seimbang. Cobalah atasi masalah ini dengan belajar membuat rencana yang wajar agar kondisi keuangan Anda tak berantakan.

4. Enggan Mendiskusikan Keuangan dengan Orang Lain

Keengganan untuk mendiskusikan kondisi keuangan juga bisa jadi salah satu gejala kecemasan finansial. Apalagi jika hal ini bikin Anda tak terbuka soal kondisi keuangan dengan orang terdekat, seperti istri/suami, orang tua, dan lain-lain.

5. Tak Percaya Saat Bertransaksi Secara Digital

Teknologi digital terus berkembang dan mempermudah berbagai kebutuhan transaksi keuangan. Namun, bagi sebagian orang yang mengalami kecemasan finansial, teknologi tak lantas menjadi solusi. Bahkan, bisa menimbulkan kekhawatiran lain. Contohnya, kekhawatiran untuk melakukan transfer secara digital karena masalah keamanan.

Untuk Anda yang sering cemas saat melakukan transaksi digital, terutama ketika melakukan transfer, kamu bisa mulai mengatasi kecemasan ini dengan bertransaksi melalui dompet digital DANA.

Kini, DANA memiliki fitur Transfer Prioritas yang menghadirkan sejumlah keunggulan. Mulai dari garansi Rp50 ribu jika transaksi Kirim Uang kamu belum berhasil dalam 10 menit, hingga kompensasi Saldo DANA yang akan langsung dikirim ke akun DANA kamu jika transaksi belum tidak berhasil 11 menit setelah Kirim Uang.

Ilustrasi DANAIlustrasi DANA Foto: dok. DANA


Adapun syarat yang mesti diperhatikan antara lain, fitur hanya berlaku untuk Kirim Uang ke rekening bank minimal Rp50 ribu, hanya bisa digunakan maksimal 5 kali transaksi dalam sehari untuk transfer ke Bank BCA, BNI, Permata, BRI, CIMB, dan Mandiri.

Ingin tahu cara pakainya? Kirim Uang minimal Rp50 ribu di aplikasi DANA. Saat konfirmasi pembayaran, pilih Transfer Prioritas di bagian Tambahan. Lalu pilih metode pembayaran yang berlaku & Kirim Uangnya. Kompensasi hanya akan dikirim jika di menit 11 uang belum sampai ke penerima.

Terlebih di DANA juga memiliki sistem keamanan proteksi DANA Protection yang berlapis dan dinamis, yang pastinya bisa bikin kamu Bebas Cemas & #BebasDrama.

Jadi tunggu apalagi, yuk download & pakai aplikasi DANA sekarang!

(prf/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT