Nggak Bikin Ribet, Ini 5 Cara Atur Keuangan untuk Pengusaha Muda

ADVERTISEMENT

Nggak Bikin Ribet, Ini 5 Cara Atur Keuangan untuk Pengusaha Muda

Inkana Putri - detikFinance
Rabu, 18 Jan 2023 16:01 WIB
Maybank
Foto: Maybank
Jakarta -

Menjadi seorang pengusaha tentu tidak hanya berbicara mengenai untung rugi dari produk atau jasa yang ditawarkan saja. Namun sejumlah aspek seperti keuangan juga harus diperhatikan oleh pengusaha muda.

Dengan memiliki keuangan yang baik maka bisa memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis yang sedang dijalankan. Namun, mengelola keuangan tentunya tak semudah yang dipikirkan, termasuk bagi pengusaha muda.

Bagi Anda yang sering kali mengalami kesulitan mengatur keuangan, cobalah untuk menerapkan beberapa cara atur keuangan untuk pengusaha muda yang dikutip dari dari Forbes berikut ini.

1. Buat Catatan

Langkah awal agar pengelolaan keuangan menjadi tepat adalah dengan membuat catatan terkait usaha Anda mulai dari pengeluaran hingga pemasukan. Beberapa dari Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk mengatur catatan, terlebih jika bisnis yang sedang dijalani masih baru.

Namun, membuat catatan menjadi hal sangat penting untuk mempermudah mengatur keuangan bisnis sehingga tidak menimbulkan masalah di masa mendatang.

Membuat catatan akan mempermudah Anda melacak arus keuangan dengan tepat. Dalam membuat catatan, Anda dapat memisahkan data dan keuangan Anda ke dalam beberapa kategori sehingga mudah dipahami.

2. Simpan dan Habiskan Uang dengan Bijak

Sebagian besar pemilik bisnis baru sering kali membelanjakan uang untuk keperluan kantor dan furniture mewah. Padahal, hal-hal tidak terlalu diperlukan, terutama di awal merintis bisnis. Alih-alih menghabiskan uang untuk hal-hal yang mubazir, Anda bisa mulai dari yang kecil dan penting.

Di sisi lain, Jika bisnis Anda berfokus pada penjualan produk, hindari memproduksi barang dalam jumlah banyak. Sebaiknya, buat produk sesuai permintaan saat pelanggan membeli. Selain itu, cobalah untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan sehingga Anda dapat menyesuaikan kebutuhan.

Selalu tanamkan membangun bisnis memerlukan waktu. Untuk itu, mulailah dengan perlahan tapi pasti, dan sesuaikan kebutuhan bisnis sepanjang Anda mengembangkannya. Dengan demikian, Anda akan mengetahui anggaran dan apa yang terbaik untuk bisnis Anda.

3. Hargai Waktu

Saat menjalani bisnis, beberapa pengusaha kerap mengambil alih melakukan berbagai hal sendiri dibanding mempekerjakan seseorang dengan alasan menghemat pengeluaran. Padahal, mindset seperti ini tidak selalu benar karena pekerjaan justru bisa menjadi lebih lama selesai karena dilakukan bukan oleh ahlinya.

Akibatnya, hal ini bisa jadi memperlambat pergerakan bisnis Anda. Oleh karena itu, sebaiknya pekerjakan ahli yang memang dirasa dapat menambah value bagi bisnis Anda.

4. Mulai dari Skala Kecil

Pengusaha muda yang baru terjun ke dunia bisnis umumnya memiliki semangat yang menggebu-gebu. Meski hal ini positif, namun tak jarang mereka mulai berbisnis dengan skala yang besar.

Saat baru memulai bisnis, sebaiknya mulailah dari yang kecil. Hindari rasa terlalu bersemangat bahkan hingga membuat skala ukuran tim yang besar.

Sebab, hal ini akan membuat Anda tergoda untuk mempekerjakan lebih banyak orang, bahkan saat keadaan menjadi sulit. Sebaiknya, fokuskan keuangan Anda pada peningkatan proses dan kualitas output bisnis.

5. Atur Keuangan dengan Lebih Praktis & Mudah

Dalam berbisnis, Anda tentunya akan berkutat dengan berbagai analisis keuangan. Bagi pebisnis pemula, mulailah melakukan analisis dari yang paling sederhana seperti margin kotor, keuntungan per masukan, laba dan berbagai hal lainnya.

Agar pengelolaan keuangan menjadi lebih teratur, sebaiknya pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Di samping itu, Anda perlu mengatur budget usaha dan membayar tagihan perusahaan tepat waktu. Agar pengelolaan keuangan bisnis menjadi semakin mudah dan sederhana, cobalah untuk memanfaatkan layanan perbankan

Untuk mengelola keuangan menjadi lebih mudah dan praktis, Anda bisa memanfaatkan fitur 360 Digital Wealth dari Maybank. Fitur yang terdapat pada aplikasi mobile banking M2U ID App ini memiliki sejumlah keunggulan seperti membantu nasabah dalam mengelola dan memantau portofolio tabungan, investasi, pinjaman seperti Kartu Kredit, KPR dan lainnya.

MaybankFitur 360 Digital Wealth di Aplikasi M2U ID App /Foto: Maybank

Untuk memanfaatkan fitur tersebut harus terlebih dahulu melakukan download M2U ID di Play Store/ App Store. M2U ID App menghadirkan sejumlah layanan, salah satunya pembukaan rekening bank secara online dan kunjungi tautan ini untuk informasi lebih lengkap.



Simak Video "Tips Jitu Atur Keuangan Jelang Nikah "
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT