Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 05 Okt 2019 17:30 WIB

Lebih Murah dari Biaya 'Nongkrong', Mending Investasi di Reksa Dana

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi Reksa Dana/Foto: Dok Bank Mega Ilustrasi Reksa Dana/Foto: Dok Bank Mega
Jakarta - Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok untuk generasi milenial. Reksa dana merupakan salah satu produk investasi keuangan yang memberikan return atau imbal hasil yang baik dengan risiko yang sesuai dengan keinginan.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho mengungkapkan memang dalam berinvestasi, generasi milenial harus memiliki tujuan yang jelas.

"Dengan tujuan yang jelas dan tepat, calon investor bisa memperhitungkan risiko dan berapa jumlah uang yang akan diinvestasikan. Serta berapa besar proyeksi keuntungan nantinya," kata Andy saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/10/2019).

Dia mengatakan, generasi milenial yang saat ini masih relatif muda, sebaiknya memberanikan diri untuk masuk ke investasi yang bertipikal agresif.

"Misalnya seperti reksa dana saham atau pasar saham. Karena untuk jangka panjang imbal hasilnya bisa lebih optimal," ujar dia.



Menurut dia, tak perlu takut untuk mulai berinvestasi di reksa dana. Untuk pegangan, calon investor juga harus gencar mencari informasi terkait produk tersebut. Hal ini untuk meminimalisir kerugian karena berinvestasi tanpa pemahaman yang kuat.

Dalam berinvestasi, dana yang disisihkan dari gaji atau pendapatan minimum 10%. Bisa lebih besar dari 10% atau disesuaikan dengan kemampuan dan target investasi.

"Investasi itu yang penting komitmen dan disiplin, karena untuk jangka panjang," ujarnya.

Andy mengatakan untuk investasi di reksa dana saat ini juga terbilang mudah. Ada marketplace yang menyediakan penjualan reksa dana dengan harga yang terjangkau.

"Produk reksa dana banyak yang dijual dengan mudah. Yang bahkan bisa lebih murah daripada untuk jajan atau makan bersama teman-teman," imbuh dia.

Misalnya Bukalapak kini memiliki BukaReksa yakni fitur untuk memperjualbelikan berbagai macam pilihan reksa dana. Dalam penjualan ini, Bukalapak menggandeng Bareksa dan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kemudian Tokopedia juga memiliki Tokopedia ReksaDana. Di sini berinvestasi bisa dengan uang Rp 10.000 saja. Namun Tokopedia ReksaDana saat ini baru menawarkan 2 produk yakni Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dan Syailendra Dana Kas dengan kisaran keuntungan 6%.



Simak Video "Dapat Tugas Tambahan Urus Investasi, Luhut: Ya Terima Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com