Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance
Jumat 13 May 2016, 07:12 WIB

Cara Menentukan Harga Sewa yang Pas untuk Kios Anda

Prita Ghozie - detikFinance
Cara Menentukan Harga Sewa yang Pas untuk Kios Anda Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca:
Dear Ibu,

Saya mau sedikit konsultasi, saya punya kios yang akan disewa selama 5 tahun ke depan, bagaimana saya menentukan harga agar saya tidak merasa rugi karena kenaikan per tahun harga kios sangat tinggi. Sedangkan penyewa minta sewa langsung 5 tahun. Terima kasih.

Siti F.

Jawab:
Halo Siti, terima kasih atas pertanyaannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menentukan harga sewa atau harga jual properti agar tidak terlalu murah adalah membandingkan dengan properti sejenis di lingkungan sekitar.

Selain menghindari penentuan harga sewa yang kemurahan, aktivitas perbandingan harga dan syarat sewa juga bisa membantu Anda agar tidak terlalu mahal, atau terlalu banyak syarat (misalnya harus dibayar lunas 5 tahun di muka).

Apabila Anda menetapkan harga atau syarat yang jauh lebih tinggi dibandingkan kompetitor, maka properti Anda akan sulit laku. Selanjutnya, Anda bisa melakukan diskusi dengan calon penyewa untuk mencapai kesepakatan bersama sehingga kedua belah pihak merasa puas.

Terakhir, Anda sebaiknya meminta dana sewa di awal masa sehingga Anda bisa menginvestasikan dana tersebut untuk memperoleh imbal hasil tambahan.

Terima kasih

(ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed