Follow detikFinance
Minggu 19 Feb 2017, 15:10 WIB

Program Perumahan Anies-Sandi: DP KPR Dicicil 6-12 Kali

Ahmad Bil Wahid - detikFinance
Program Perumahan Anies-Sandi: DP KPR Dicicil 6-12 Kali Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta - Calon Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga S Uno berbicara soal program rumah tanpa uang muka (down payment/DP). Hingga saat ini, masih banyak yang belum mengerti perihal detil dari program perumahan yang jadi janji kampanye Calon Gubernur nomor urut 3 ini.

Ditemui di sela-sela acara syukuran ulang tahun Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Sandiaga membeberkan secara rinci perihal program pembiayaan perumahannya yang diperkenalkan dengan nama program perumahan DP 0% yang belakangan diralat menjadi DP 0 rupiah.

"Skema ini mengharuskan yang ingin mendaftar dan ikut qualified di program ini harus menabung dulu. Kita akan hitung lagi mungkin 6 sampai 12 bulan," kata Sandiaga ditemui dalam kesempatan tersebut Sabtu (18/2/2017).

Sandi menjelaskan, nilai tabungan yang diiur atau dicicil selama 6-12 bulan tersebut akan dihitung setara dengan nilai uang muka perumahan alias DP Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang diajukan kepemilikannya.

"Kita akan lihat menabungnya berapa dan kuatnya seperti apa cicilannya, termasuk juga skema DP model seperti apa?" jelas dia.

Dengan cara ini, tambah dia lagi, maka tidak ada DP yang harus dibayar karena dana untuk DP tersebut akan dipenuhi dari tabungan masyarakat yang dihimpun selama 6-12 bulan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Anies dengan percaya diri mengatakan bahwa programnya tidaklah melanggar aturan pembiayaan perumahan yang ada. Semuanya sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Justru ia menantang pihak-pihak yang tidak puas dengan program yang dimilikinya untuk menyampaikan program yang lebih baik dan tetap tak melanggar aturan.

"Itu sebetulnya kalau melihat aturan BI juga memungkinkan. Lihat di aturan BI tahun 2016 pasal 17, itu memungkinkan kalau Pemda memiliki program maka aturan itu dipakai untuk program komersial. Tapi kalau untuk program khusus, boleh, ada ruangnya. Jadi sebenarnya kalau memang anda punya solusi lebih baik tunjukkan solusinya," tandas dia. (dna/van)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed