Follow detikFinance
Selasa 14 Feb 2017, 13:09 WIB

Punya Gaji 4 Juta Bisa Beli Rumah di Mana Saja?

Yulida Medistiara - detikFinance
Punya Gaji 4 Juta Bisa Beli Rumah di Mana Saja? Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta - Para pekerja formal dan informal seperti pedagang yang berpendapatan tidak lebih dari Rp 4 juta bisa mencicil rumah melalui program Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Kementerian PUPR.

Seperti diketahui pemerintah menggandeng swasta untuk membangun 1 juta rumah yang ditujukan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah alias MBR. Rumah tersebut tersedia di seluruh Indonesia.

Bagi pekerja yang setiap harinya bekerja di Jakarta dengan penghasilan maksimal 4 juta, juga bisa menikmati fasilitas FLPP ini. Di mana saja lokasi rumah yang disediakan?

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah mengatakan, ada banyak perumahan yang dibangun wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan kategori rumah murah dan bisa dibeli pekerja ibukota berpenghasilan maksimal Rp 4 juta.

Meski berada di luar Kota Jakarta, menurut Junaidi, masyarakat tidak perlu khawatir karena tetap bisa beraktivitas ke tempat kerja menggunakan transportasi massal. Perumahan yang dibangun banyak yang mengambil lokasi di dekat stasiun kereta sehingga pekerja tidak perlu khawatir akan aksesnya.

"Yang dekat stasiun kereta banyak seperti daerah Tanggerang di sepanjang stasiun itu hampir mendekati rumah subsidi. Bogor dan Bekasi juga ada itu banyak," ujar Junaidi, kepada detikFinance, Selasa (14/2/2017).

Ia mencontohkan, beberapa stasiun yang dekat dengan rumah murah seperti di wilayah Maja, Tigaraksa, dan Tenjo. Dari stasiun ke perumahan rata-rata berjarak 1-2 km.

"Di sekitar Maja itu hampir banyak rumah MBR, daerah Tigaraksa juga, Tenjo, rata-rata jaraknya 1-2 km," kata Junaidi.

Rumah ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yaitu berpendapatan sekitar Rp 2,5 juta - Rp 4 juta. Junaidi menyebut pekerja informal dan formal bisa mendapatkan rumah yang dicicil sekitar 20 tahun dengan bunga flat 5%. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed