Follow detikFinance
Selasa 21 Feb 2017, 22:05 WIB

Pasar Properti Lesu, Ini Strategi Pengembang

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Pasar Properti Lesu, Ini Strategi Pengembang Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pasar properti sepanjang tahun lalu diakui cukup lesu. Hal ini terjadi lantaran terjadinya kelebihan pasokan yang ada di pasar. Demikian diungkapkan oleh Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi PT Intiland Development Tbk, Archied Noto Pradono.

Archied mengatakan, penjualan apartemen kelas mewah dan super mewah perusahaan tahun lalu bahkan turun hingga angka 10%. Dengan fakta tersebut, perusahaan menunda untuk melakukan pembangunan proyek-proyek baru. Hal tersebut telah dilakukan sejak tahun lalu.

"Penjualan kita memang turun tahun lalu sekitar 10%. Cuman kalau kita pikir lagi, kan kita sudah terlanjur bangun, jadi tetap harus kita pasarin. Paling ya kita enggak nambah suplai baru," katanya dalam jumpa pers di GIOI Restaurant, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Namun demikian, perusahaan akan senantiasa melakukan pembangunan proyek berdasarkan potensi pasar yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hal ini akan mengurangi potensi sulitnya penjualan.

"Makanya kita pilih lokasinya, dilihat suplainya. Memang secara overall marketnya, banyak yang over supply. Tapi secara location wise, mestinya di situ ada peluang," tutur dia.

"Makanya tahun lalu, kita juga enggak rutin, dan menunda proyek-proyek kita karena kita lihat lagi marketnya," tambahnya.

Intiland sendiri akan lebih memilih mengerem laju ekspansi properti dan hanya fokus pada proyek-proyek yang sudah ada pada tahun ini. Menurutnya, saat ini permintaan masih ada hanya saja investor atau pembeli menahan diri untuk melakukan pengeluaran.

"Kita surprise juga, setelah pilkada efeknya banyak orang yang wait and see. Jadi mudah-mudahan setelah pilkada banyak orang yang enggak wait and see lagi lah. Selama keadaan smooth, infrastruktur jalan, mestinya likuiditas ada. Mestinya uang ada tempatnya. Jadi orang-orang mulai berinvestasi lagi," pungkasnya. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed