Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 09:26 WIB

Tunggakan Pajak Rumah Mewah di Menteng Sampai Rp 200 Juta

Hendra Kusuma - detikFinance
Tunggakan Pajak Rumah Mewah di Menteng Sampai Rp 200 Juta Rumah Mewah Tunggak Pajak (Foto: Hendra Kusuma)
Jakarta - Beberapa rumah mewah di Jakarta masih ada yang menunggak pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB). Seperti di kawasan perumahan mewah Menteng, Jakarta Pusat.

Hasil penelusuran detikFinance pada beberapa hari lalu, ditemukan rumah mewah yang di halaman depannya terpampang palang berkelir oranye dengan tulisan bahwa tanah dan bangunan ini belum melunasi PBB-P2.

Lalu berapa tunggakan PBB rumah mewah tersebut ?

"Tunggakan PBB yang harus dibayarkan paling tinggi Rp 200-an juta," kata Kasipem Kelurahan Gondangdia, Susi Suryanih saat ditemui detikFinance di Kantornya, Jakarta.

Susi menyebutkan, tingginya biaya PBB tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, yang pertama dikarenakan memang rumah mewah tersebut berada di pinggir jalan protokol, sehingga biaya PBB lebih tinggi, bisa juga dikarenakan pemilik rumah yang telah menunggak lama.

Berdasarkan data yang dipegangnya, terdapat 12 rumah yang sudah dipasangkan palang pemberitahuan pembayaran PBB. Namun saja, dia tidak merinci pemilik masing-masing rumah tersebut.

"Kalau pemiliknya tidak bisa kita kasih tahu, karena itu rahasia wajib pajak," jelasnya.

Diketahui, ada empat rumah mewah yang di depan sudah terpampang palang pemberitahuan berkelir oranye dari Dinas Provinsi DKI Jakarta yang menyebutkan bahwa tanah dan bangunan ini belum melunasi PBB-P2.

Emapt rumah tersebut tersebar di beberapa lokasi, seperti dua rumah di Jalan Jambu, tepatnya di samping Mess Pemda Kalimantan Tengah Jl. Cut Nyak Dien, Jakarta Pusat. Posisi dua rumah yang disegel ini berdampingan.

Sedangkan dua sisanya, berada di Jalan Lembang dan di seberang Masjid Sunda Kelapa, belakang Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Untuk yang di Jalan Lembang, terlihat pagar rumah tertutup dan sudah terpampang tulisan untuk disewakan. (mkl/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed