Follow detikFinance
Selasa 20 Jun 2017, 08:53 WIB

Bulan Depan, Rusun Dekat Stasiun KRL Sudah Bisa Dipesan

Danang Sugianto - detikFinance
Bulan Depan, Rusun Dekat Stasiun KRL Sudah Bisa Dipesan Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Perum Perumnas selaku pelaksana proyek Transit Oriented Development (TOD), tengah menyelesaikan proses perizinan. Bila perizinan sudah dikantongi, maka pembangunan proyek tersebut sudah bisa dimulai.

Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis Perumnas, Galih Prahananto, memperkirakan proyek TOD tersebut bisa mulai groundbreaking pada Agustus 2017. Adapun lokasinya berada di dekat Stasiun Tanjung Barat dan Stasiun Pondok Cina.

"Mudah-mudahan dua bulan lagi, untuk dapat izin-izinnya, termasuk IMB (Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Groundbreaking kita kejar Agustus," ujarnya kepada detikFinance, Selasa (20/6/2017).

Namun, menurut Galih, pihaknya mulai membuka pemesanan pada akhir Juli 2017. Hal itu agar pihaknya sudah mendapatkan pembeli sebelum dimulainya pembangunan.



"Kami inginnya 30-40% sudah laku sebelum groundbreaking. Ya agar kita groundbreaking sudah secure, sudah ada yang beli. Kalau groundbreaking enggak ada yang beli bagaimana," tuturnya.

Dalam proyek ini, Perumnas akan membangun membangun perumahan menjulang berjenis rumah susun sederhana milik (rusunami) dan apartemen sederhana milik (anami). Sebab proyek ini ditujukan untuk masyarakat menengah dan menengah ke bawah.



Namun bagi calon pembeli ada persyaratan yang diterapkan. Untuk rusunami diprioritaskan bagi masyarakat yang belum memiliki rumah. Selain itu karena pembeli untuk rusunami akan mendapatkan subsidi, maka dibatasi untuk masyarakat berpenghasilan maksimum Rp 7 juta per bulan.

"Jadi gaji maksimum Rp 7 juta dan belum punya rumah. Lalu belum pernah utang bank untuk beli rumah, tidak punya tanah warisan. Jadi benar-benar orang yang belum punya rumah. Sehingga bisa diberi fasilitas FLPP," terang Galih.

Sementara untuk anami, akan diprioritaskan bagi masyarakat di sekitar lokasi. Sebab tujuan utama dari proyek berbasis TOD agar masyarakat bisa menghemat waktu maupun ongkos dari rumah menuju stasiun.

Untuk tahap awal, proyek TOD akan dibangun di Stasiun Pondok Cina sebanyak 4 tower dan Stasiun Tanjung Barat sebanyak 3 tower. Nantinya masing-masing tower akan dibangun sekitar 30 lantai. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed