Follow detikFinance
Rabu 11 Oct 2017, 11:00 WIB

Ini Deretan Stasiun Kereta yang Bakal Punya Rusun

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ini Deretan Stasiun Kereta yang Bakal Punya Rusun Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta -
Pembangunan hunian vertikal dekat dengan stasiun kereta api kian dikebut. Beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya dan perumahan seperti Perum Perumnas, Wika, hingga PTPP pun berlomba-lomba membangun hunian dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI).
Hingga saat ini, sedikitnya sudah ada 5 stasiun yang dimulai pembangunan hunian TOD, antara lain Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Pondok Cina, Stasiun Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Tanah Abang.
Selain itu, hunian vertikal TOD akan dibangun di beberapa stasiun lainnya, antara lain Stasiun Bogor dan Stasiun Manggarai.
Pada 11 September 2017 lalu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama Direktur Utama Waskita Karya dan Wali Kota Bogor melakukan penandatangan nota kesepahaman sinergi Transit Oriented Development (TOD) kawasan Stasiun Bogor dan Rencana Pembangunan Halte dan Stabling Kelurahan Sukaresmi Kota Bogor.
Pembangunan TOD di kawasan Stasiun Bogor ini penting dilakukan karena Kota Bogor menjadi titik penting bagi masyarakat yang hendak ke Jakarta menggunakan transportasi kereta api. Oleh sebab itu, penataan dan pembangunan TOD di stasiun Bogor sangat diperlukan.
"TOD ini akan dibangun dengan Halte Sukaresmi karena mengurai jumlah penumpang yang akan naik ke Stasiun Bogor untuk sebagian pindah ke Sukaresmi," kata Menteri BUMN Rini Soermarno bulan lalu.
Selain itu, PTPP juga berencana membangun hunian TOD di Stasiun Manggarai dengan menggandeng KAI. PTPP akan membangun hunian, sedangkan KAI memberikan izin pemanfaatan lahannya.
"Ada tiga di Djuanda, Tanah Abang sama Manggarai," kata Direktur Utama PTPP, Tumiyana pekan lalu.
(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed