Harga Tanah Rumah Setya Novanto Rp 80 Juta per Meter

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 16 Nov 2017 12:57 WIB
Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom
Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto yang tengah menjadi pusat pemberitaan diketahui memiliki rumah di Jl Wijaya XIII No. 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kawasan tersebut merupakan salah satu kawasan elit di Jakarta.

Menurut data Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung, saat ini rata-rata harga rumah baru di kawasan tersebut dengan luas tanah 1.000 meter persegi dan luas bangunannya 1.500 meter persegi harganya sekitar Rp 100 miliar. Namun jika kondisi rumah sudah tua lebih murah Rp 20 miliar yakni Rp 80 miliar.

Dengan acuan harga tersebut maka, dia mencatat harga tanah di wilayah itu saat ini sekitar Rp 80 juta per meter. Sementara untuk harga bangunan baru dihargai sekitar Rp 20 juta per meternya.

"Dengan mengacu data tersebut, artinya 1 meter per segi kalau bangunan baru bisa dihargai Rp 20 juta per meter. Sementara tanahnya Rp 80 juta per meter," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Kamis (16/11/2017).

Harga tanah tersebut terbilang sangat mahal. Namun itu wajar sebab wilayah tersebut merupakan salah satu kawasan elit dengan harga rumah paling mahal di Jakarta.


"Itu premium, itu salah satu yang termahal di Jakarta. Itu setara dengan Pondok Indah, Senopati, itu paling tinggi di Jakarta," imbuhnya.

Setnov sendiri diketahui memiliki rumah berlantai 4 yang dibangun di atas lahan seluas 1.600 meter per segi. Jika dihitung nilai rumahnya sekitar Rp 204,8 miliar.

(ang/ang)