Follow detikFinance
Sabtu 10 Feb 2018, 17:10 WIB

Mau Beli Rumah Seharga Rp 77 Juta? Ini Syaratnya

Fadhly F Rachman - detikFinance
Mau Beli Rumah Seharga Rp 77 Juta? Ini Syaratnya Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta - Salah satu pengembang yang hadir dalam Indonesia Properti Expo menawarkan hunian murah seharga Rp 77 juta dengan uang muka alias DP Rp 0. Rumah berbasis masyarakat islami itu terletak di daerah Maja, Banten.

Lantas, bagaimana syarat-syarat untuk mendapatkan rumah murah ini?

Pertama-tama perlu diketahui, bahwa perumahan ini adalah berbasis islami dan diperuntukkan kepada masyarakat muslim. Pengembang juga tak menggunakan skema perbankan dalam menjual rumah ini, artinya transaksi pembeli hanya dilakukan langsung kepada pengembang.


Transaksi tanpa menggunakan skema perbankan dinilai lebih mudah karena tidak perlu memberikan berbagai pengajuan kepada pihak bank, serta tanpa melalui BI checking yang biasa memberatkan calon pembeli.

Untuk persyaratannya sendiri selain sebagai muslim, yakni hanya dengan KTP, NPWP, dan Buku Nikah bila sudah memiliki pasangan. Calon pembeli juga harus menyiapkan Rp 2 Juta untuk membayar booking fee atau tanda jadi kepada pengembang.

"Kita enggak pakai bank, supaya lepas dari riba. Jadi nanti tinggal akad dan datang ke kantor, tidak perlu BI checking seperti yang lainnya," kata salah satu Marketing pengembang saat berbincang dengan detikFinance di lokasi, Jakarta, Sabtu (11/2/2018).


Bila ada kesulitan dalam membayar cicilan hingga tidak bisa melanjutkan pembayaran, pihak pengembang akan menjual kembali rumah tersebut dan membagi hasil penjualannya kepada pemilik.

"Enggak ada pengurusan surat-surat yang repot, bila kredit macet dijual, bagi hasil. Keuntungannya buat pembeli lagi harga jual rumah itu," kata dia.


Selain rumah tipe tersebut, pengembang juga menawarkan hunian tipe lainnya dengan harga yang terjangkau dan cicilan mulai dari Rp 500.000 per bulan.

"Kalau yang tipe lain ada yang harganya Rp 100-200 jutaan. Kalau itu pakai uang muka, tapi bisa dicicil," tutupnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed