Hary Tanoe Bangun Tempat Syuting Saingi Universal Studio

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 11 Apr 2018 17:55 WIB
Foto: Tsarina Maharani/detikcom
Jakarta - Setelah mengumumkan akan membangun kawasan theme park besar di Lido, Bogor, MNC Group kini berniat membangun Movie Land atau studio luar ruang untuk pembuatan film terbesar di kawasan yang sama.

Pembangunan Movie Land itu akan dilakukan oleh PT MNC Studio International. Lahan yang akan digunakan sekitar 20 ha.

"Investasinya sekitar Rp 275 miliar," kata Presiden Direktur MNC Studio International Ella Kartika di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menambahkan, MNC Group memang berfokus untuk memperkuat konten dan bercita-cita ingin menjadi pemain global. Bahkan dia ingin agar MNC bisa menyaingi produsen film terbesar di dunia seperti Universal Studio.

"Kan ada Universal Studio ada Disney, ada Fox, nanti akan ada MNC, sejajar kalau bisa," ujarnya singkat.


MNC Studio International juga akan menggunakan dana hasil IPO untuk melunasi surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN) MNC Pictures sebesar Rp 450 miliar.

Lalu dana itu juga akan digunakan untuk mengakuisisi MNC Channel dari induk usahanya. Dana yang akan digunakan sekitar 30% dari perolehan dana IPO.

"Dalam MNC Channel ini ada 20 channel di pay tv. Ini untuk untuk lengkapi bisnis di MNC maka perusahaan berencana untuk akuisis ke 20 channel ini," tambah Ella.

MNC Studio International sendiri saat ini memiliki total aset sekitar Rp 5 triliun. Pada 2017 perusahaan memperoleh pendapatan sekitar Rp 1,2 triliun dan laba bersih sebesar Rp 125 miliar. Tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih sebesar 45%. (zlf/zlf)