Follow detikFinance
Kamis, 17 Mei 2018 16:20 WIB

Tangerang Jadi Lokasi Favorit Milenial Beli Rumah

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Jakarta - Tingginya harga rumah di Jakarta sulit diikuti dengan penghasilan kaum milenial atau kelompok usia muda. Kebanyakan dari kelompok usia muda itu memilih lokasi Tangerang.

Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung mengatakan kawasan Tangerang dipilih lantaran yang paling strategis mendekati Jakarta.

"Jadi memang Tangerang masih menjadi pilihan lokasi rumah setelah Jakarta bagi kelompok muda atau milenial," kata Untung kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Data menunjukkan bahwa 60,32% milenial di rentang usia 22-28 tahun mencari hunian sebagai bentuk investasinya. Sementara 39, 68% lainnya belum berencana sedikitpun. Meningkat cukup banyak, setidaknya ada 75% milenial di rentang usia 29-35 yang mulai mencari hunian investasi.

Untung menjelaskan ada beberapa hal yang membuat perumahan di kawasan Tangerang banyak dicari. Yakni karena akses transportasi massa serta jalan tol yang tersedia dengan lengkap.

"Jadi itu lebih karena akses transportasinya, di Tangerang jalan tolnya ada, kemudian di Tangsel masih dicover dengan kereta api dan stasiun, jadi secara keseluruhan lebih menarik," kata Untung.

Karena kemudahan akses tersebut, tambah Untung, harga perumahan di wilayah tersebut tak jauh beda dengan di kawasan Jakarta. Kendati, opsi atau pilihan perumahan yang dapat dipih kaum milenial lebih banyak dibanding yang di Jakarta.

"Jadi kalau di sana masih mampu tapi opsinya nggak banyak banget. Tapi beli developer besar sudah susah. Jadi bisanya beli proyek-proyek yangg unitnya lebih kecil," kata dia.

"Contoh untuk rumah 10 tahun lalu itu kan minimal 90 meter(m)2. Nah kalau sekarang beli 90 m2 sudah nggak terjangkau. Yang 70 m2 saja sudah ngos-ngosan. Paling yang 50-60m2," sambung dia.

Setelah Tangerang dan Tangsel, kata Untung, kaum milenial banyak yang memilih hunian di wilayah Depok dan Bekasi. Sementara untuk wilayah Bogor belum terlalu diminati kaum milenial.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed