Follow detikFinance
Selasa, 22 Mei 2018 12:11 WIB

Pakai Aplikasi Ini, Pengajuan KPR ke BRI Makin Mudah

Rizki Ati Hulwa - detikFinance
Foto: Rizki Ati Hulwa/Detikcom Foto: Rizki Ati Hulwa/Detikcom
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tak henti berikan inovasi baru demi kemudahan dan kenyamanan konsumen. Kini BRI hadirkan aplikasi My BRI yang bisa digunakan untuk pengajuan KPR melalui ponsel Anda.

"Peluncuran layanan baru (My BRI) ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan baru bagi konsumen. Di zaman yang serba digital ini, semua sudah bisa diakses dengan mudah tak terkecuali pengajuan KPR," ungkap EVP Consumer Loan Division BRI, Sutadi Prayitno di Hotel Mulia, Senayan (21/5/2018).

Menurutnya, tujuan utama dari aplikasi ini adalah mempermudah konsumen maupun rekanan Bank BRI untuk bisa akses informasi mengenai properti baik dari segi harga maupun lokasi serta informasi lainnya. Namun tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat mempercepat Service Level Agreement (SLA) layanan kredit konsumer BRI.

Sementara itu, bank pelat merah ini juga mendukung program pemerintah dalam mengatasi backlog perumahan Indonesia yakni program sejuta rumah, memperluas akses penyaluran KPR BRI. Dimana sebelumnya hanya dilayani 134 kantor cabang BRI, di tahun ini dibuka di seluruh kantor cabang BRI yang berjumlah 463 kantor cabang.


"Selama ini hanya manual, tahapannya dari orang ke orang. Sekarang bisa digital yang lebih cepat dan juga jelas, intinya lebih efisien. Sehingga diharapkan sistem manual dan digital dapat berkembang sejalan," tambah Sutadi.

Menariknya pada soft launching ini, juga di contohkan bagaimana penggunaan My BRI ini melalu aplikasi maupun web. Pertama nasabah bisa mengunduh aplikasi My BRI di ponsel Anda, lalu akan diajukan untuk mengisi data terlebih dahulu.

Beberapa menu yang dapat dipilih adalah pengajuan aplikasi, untuk mengajukan KPR. Kalkulator, untuk Anda jika ingin simulasi sendiri. Misalnya dengan mengisi pilihan harga rumah kira-kira Rp 500 juta, uang muka 30%, lalu mengisi suku bunga dengan pilihan (flat, efektif, dan sebagainya), mengisi jangka waktu kredit dan sebagainya.

Pakai Aplikasi Ini, Pengajuan KPR ke BRI Makin MudahFoto: Rizki Ati Hulwa/Detikcom

Maka, hasil hitungan otomatisnya akan menampilkan kira-kira berapa banyak calon nasabah akan membayar angsuran setiap bulannya. Aplikasi ini menampilkan info dan hasil yang sangat detil sampai akhir pembayaran.

Aplikasi ini juga sangat transparan, semua status berkas akan terlihat melalui sistem. Apakah masih dalam proses analisa ataupun sudah diterima atau ditolak. Semua akan terlapor pada konsumen.

Apabila nasabah mengakses melalui web, hal ini lebih dikhususkan bagi konsumen yang sudah memiliki KPR ataupun yang belum. Calon nasabah bisa mengetahui properti yang dekat domisili, ataupun properti yang sudah bekerja sama dengan BRI. Calon debitur juga bisa tahu bagaimana desain properti yang diinginkan karena langsung terhubung dengan developer.


Vice President Consumer Loan Division, Muhammad Fauzi menargetkan pertumbuhan kredit properti diatas 20% hingga akhir tahun ini.

"Untuk mencapai target tersebut, tentu kami yakin. Oleh karena itu kami (BRI) mengeluarkan berbagai jurus, salah satunya My BRI ini," ungkap Fauzi.

Hal ini juga sejalan dengan perwujudan keinginan BRI untuk bisa meraih apa yang diinginkan bersama. Yaitu pencapaian target dan bagaimana kemampuan BRI dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara dengan memberikan layanan cepat sekaligus menyediakan hunian bagi yang membutuhkan dari Sabang sampai Merauke. (idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed