Follow detikFinance
Jumat, 29 Jun 2018 21:25 WIB

Beli Rumah Pertama Bisa Tanpa DP, Pengembang Jadi Semangat Bangun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: dok. Kementerian PUPR Foto: dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Bank Indonesia (BI) melonggarkan aturan uang muka (down payment/DP) kredit pemilikan rumah (KPR) atau loan to value (LTV) dan financing to value (FTV/untuk pembiayaan syariah). Lewat kebijakan tersebut pembelian rumah pertama bisa tanpa DP alias DP 0%.

Sekretaris Jenderal DPP Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengatakan, kebijakan tersebut akan membangkitkan sektor properti. Dia mengatakan, relaksasi ini akan membuat pengembang semangat membangun rumah.


"Iya (semangat), kita optimis sekali, sudah minggu lalu rapatnya kita optimis sekali dengan diskusi dan pencapaian dan baru pertama BI mengajak asosiasi diskusi menyepakati suatu kebijakan," kata Paulus kepada detikFinance di Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Dengan relaksasi tersebut, Totok mengatakan, DP yang diterapkan bisa sampai 0%. Pihaknya tak khawatir kebijakan ini akan membuat kredit macet, sebab perbankan akan memitigasi risiko.


"Prudent, kan banyak yang dipertimbangkan. Misalnya penghasilannya jelas, PNS jangka panjang, hampir tidak ada kan risiko," terangnya.

Menurutnya, jika risikonya minim konsumen seharusnya bisa menerima DP 0%.

"Itu pasti bisa 0%, tapi kalau karyawan swasta kan dilihat dulu reputasinya nanti takutnya dibeli kredit, dia keluar PHK," tutupnya.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed