Follow detikFinance
Rabu, 11 Jul 2018 19:39 WIB

Rumah Tanpa DP untuk PNS bakal Berbentuk Rusun

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Pemerintah berencana membangun rumah tanpa uang muka (down payment/DP) untuk memundahkan aparatur sipil negara (ASN) atau PNS, TNI/Polri memiliki hunian. Nantinya, seluruh rumah tersebut akan dibangun secara vertikal alias berbentuk rumah susun (rusun).

Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Arie Yuriwin mengatakan pemerintah akan kesulitan menyediakan rumah dengan jumlah banyak bila berbentuk landed karena keterbatasan lahan.

Oleh sebab, itu seluruh rencana penyediaan rumah tanpa DP untuk PNS, TNI/Polri ini akan didesain secara vertikal nantinya.


"Semuanya vertikal, kalau kita butuh jumlah PNSnya misalnya 7.000, nggak mungkin kita bikin landed, semua arahnya vertikal," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Arie mengatakan, pemerintah bakal merevitalisasi aset-aset yang dimiliki, contohnya seperti penyediaan rumah susun.

"Jadi contohnya misalnya kan di Kemayoran itu ada rumah susun. Nah rumah susun itu kan sudah kumuh, nah itu nanti kita revitalisasi yang tadinya 7 lantai kita revitalisasi jadi 12 lantai. Seperti itu," jelasnya.



Sementara bila ada aset-aset perumahan berbentuk landed, Arie juga mengatakan akan dilakukan revitalisasi dan dibangun secara vertikal.

"Misalnya rumah landed, misalnya milik TNI, yang sudah tua, tapi landed. Nanti kita revitalisasi kita bangun ke atas, vertikal. Kalau landed kan terbatas jumlahnya. Jadi vertikal biar bisa menampung jumlah banyak. Pokoknya semua skemanya vertikal," ujarnya. (fdl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed