Follow detikFinance
Rabu, 11 Jul 2018 20:37 WIB

Soal Rumah PNS Tanpa DP, BPN: Jakarta Jadi Daerah Percobaan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan rumah tanpa DP (Down Payment atau uang muka) untuk PNS, TNI/Polri. Dalam penyediaan itu, Jakarta akan menjadi daerah percobaan atau sebagai pilot project.

Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Arie Yuriwin mengatakan saat ini pemerintah masih terus membahas rencana itu dengan menjadikan Jakarta sebagai daerah percontohan.

Bila berhasil, pemerintah akan menyediakan rumah tanpa DP untuk PNS, TNI/Polri, di seluruh wilayah Indonesia.


"Nanti berkembangnya seperti itu. Sekarang kan yang diutamakan tenaga pengajar guru-guru. Jadi ini sebagai pilot project dulu di Jakarta," kata Arie kepada detikFinance, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Arie mengatakan, keberhasilan rencana ini diterapkan di Jakarta bisa mendorong daerah-daerah lain untuk mengikuti skema tersebut. Sebab, Jakarta merupakan ibu kota yang sudah sangat terbatas persediaan lahannya.


"Jadi kita bikin pilot projet dulu, kalau itu berhasil, maka akan skema seluruh Indonesia jadi seluruh ASN bisa terfasilitasi dengan skema itu. Memanfaatkan aset-aset yang ada seperti itu," jelasnya.

Walau begitu, Arie mengatakan bahwa rencana ini masih dalam tahap pembahasan. Dia memperkirakan rencana ini baru bisa mulai berjalan paling cepat pada tahun depan.

"Kemarin kan baru pra, nanti akan dibentuk panitia tim. Anggarannya kan dari APBN, untuk tahun ini kan belum ada. Jadi setidak-tidaknya tahun depan," tuturnya. (fdl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed