Follow detikFinance
Kamis, 12 Jul 2018 17:14 WIB

Beli Rumah Pertama Bisa Tanpa DP, Pengembang Semringah

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Bank Indoenesia akan menerapkan aturan relaksasi Loan to Value (LTV) untuk fasilitas kredit atau pembiayaan rumah pertama. Pengembang perumahan menyambut baik kebijakan yang diambil ini.

Ketua Umum Real Estate Indonesia Soelaeman Soemawinata mengatakan, kebijaka ini akan memberikan pengaruh positif untuk industri properti ke depan.

"Saya sambut positif adanya pelonggaran LTV yang dilakukan BI. LTV salah satu produk regulasi, bergerak di sektor perbankan untuk rumah dan apartemen komersial. Jadi ini sangat berpengaruh," kata Soelaeman.


Saksikan juga video 'Anies Apresiasi DP Rumah Rp 0 Dilaksanakan secara Nasional':

[Gambas:Video 20detik]



Selain itu, kata dia, dengan adanya pelonggaran relasaksi ini, maka akan ada waktu bagi pengembang untuk mendapatkan kestabilan bunga kredit konstruksi.

Dikatakan Soelaeman, kelangsungan industri properti dipengaruhi sejumlah faktor. Salah satu yang penting ialah faktor regulasi dari bank, pajak juga tanah.

Senada dengan Soelaeman mengatakan, pengembang menilai kebijakan LTV memberikan dampak yang besar bagi mereka.


Dia berharap, kebijakan LTV yang baru bisa meningkatkan permintaan pada sektor properti. Pada akhirnya, tingkat penjualan di setiap sektor properti bisa naik tajam.

"Ini awal relaksasi yang sangat baik. Mudah-mudahan, ke depan makin banyak gebrakan positif yang dikeluarkan oleh bank sentral kembali," kata Corporate Secretary PT Intiland Development Tbk (DILD), Theresia Rustandi

Beli Rumah Pertama Bisa Tanpa DP, Pengembang Semringah
(zul/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed