Follow detikFinance
Rabu, 17 Okt 2018 07:59 WIB

Meikarta, Kota Masa Depan Riwayatmu Kini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Saat diluncurkan pada Mei 2017 lalu, Meikarta langsung menyita perhatian publik. Saat itu Meikarta disebut-sebut akan menjadi sebuah kota mandiri seluas 500 ribu Ha di koridor Timur Jakarta yang menawarkan sejumlah fasilitas fantastis di dalamnya.

Berbagai keunggulan ditawarkan oleh Meikarta. Mulai dari akses lokasinya yang ditunjang berbagai infrastruktur baru seperti tol layang Jakarta-Cikampek, LRT Jabodebek, kereta cepat Jakarta-Bandung dan sederet fasilitas bertaraf internasional di dalam kota mandiri tersebut.

Nama Meikarta makin melambung setelah promosi atau iklannya ditampilkan secara jor-joran di berbagai media. Penampakannya yang ada di mana-mana juga sempat jadi perbincangan hangat netizen di media sosial.

Setali tiga uang dengan popularitasnya, proyek bernilai Rp 278 triliun ini juga diwarnai oleh sejumlah kontroversi. Berbagai isu miring menerpa Meikarta mulai dari soal perizinan, kontraktor yang tak dibayar, sampai yang paling baru soal kasus suap mengenai perizinan lahan.

KPK menetapkan sembilan orang tersangka setelah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap dugaan suap mengenai perizinan proyek Meikarta. KPK mengatakan sudah ada realisasi pemberian suap sebesar Rp 7 miliar dari total commitment fee Rp 13 miliar untuk urusan perizinan proyek Meikarta tersebut.

Lalu bagaimana keadaan proyek Meikarta sendiri saat ini? Berikut perkembangan terkininya saat ditinjau langsung oleh detikFinance ke lokasi:

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed