Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Nov 2018 18:21 WIB

Bisa Beli Rumah Tanpa DP, PNS Kuat Bayar Cicilannya?

Saifan Zaking - detikFinance
Ilustrasi Rumah DP Rp 0. Foto: Trio Hamdani Ilustrasi Rumah DP Rp 0. Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Pemerintah bakal menyediakan rumah bagi Aparat Sipil Negara (ASN) termasuk juga TNI/Polri dengan skema tanpa uang muka atau down payment (DP). Namun dengan skema tanpa DP ini, apakah ASN atau PNS kuat bayar cicilannya?

Menurut Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata, risiko kredit macet yang akan dihadapi oleh ASN terbilang rendah. Sebab, cicilan yang akan dibayarkan dijamin oleh negara.

"Kalau dari sisi pengembang itu resiko terhadap ASN dan fix income relatif kecil karena (cicilan) dijamin oleh negara ya," kata Soelaeman di Jakarta, Rabu (14/11/2018).


Pria yang akrab disapa Eman itu mengatakan, menilai pegawai yang bekerja di perusahaan swasta saja menurutnya bisa mencicil KPR dengan lancar. Oleh karenanya, dia menilai bahwa PNS mampu untuk membayar ciiclan KPR.

"Orang yang swasta aja dijamin oleh perusahaan itu bisa jalan (kreditnya), apalagi dia (ASN) kan dijamin oleh negara," ucapnya.

Kemampuan ASN dalam mencicil dinilai Soelaeman lebih tinggi dibandingkan pekerja swasta maupun pekerjaan dengan pendapatan tidak tetap.

"Ini saya kira kepastian cicilan itu lebih tinggi dibandingkan swasta, cicilan yang tertinggi kan pasti pegawai negeri lah, yang kedua swasta, yang ketiga non-fix income, itu mungkin sedikit lebih berisiko, itu aja bisa dijalanin," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed