Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 17 Nov 2018 14:58 WIB

Apa Kabar Rencana Jokowi Sediakan Rumah Tanpa DP untuk PNS?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Pemerintah tengah menyiapkan skema pembiayaan perumahan khusus untuk aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI dan Polri. Sampai saat ini terdapat 945 ribu ASN, 275 ribu TNI, dan 360 ribu anggota Polri yang belum memiliki rumah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan akan segera menerapkan skema khusus untuk perumahan ini. Direktur Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamis menjelaskan rencana tersebut masih terus digodok hingga saat ini.

"Ini yang kita kerjakan adalah mandat dari Pak Presiden (Jokowi) dan Wakil Presiden (Jusuf Kalla). Prioritasnya untuk ASN yang belum mampu atau memiliki penghasilan rendah. Dan kami memang butuh skema khusus yang diterapkan untuk program ini," kata Khalawi di acara REI Mandiri Property Expo 2018, di Jakarta Convention Center, Sabtu (17/11/2018).



Dia menjelaskan Kementerian PUPR saat ini bersama Kementerian Keuangan sedang menyusun skema yang tepat. Salah satunya dengan memperluas fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Lalu ada pula skema tanpa uang muka (down payment/DP) hingga tenor yang lebih panjang dari skema kredit pemilikan rakyat (KPR) biasanya.

"Salah satunya memperluas FLPP, soal DP nya itu nanti. Kira-kira minggu depan Menteri PUPR akan menyampaikan informasi ini lagi," katanya.



Menanggapi hal tersebut Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Real Estate Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengatakan skema pembiayaan perlu dirancang oleh pemerintah agar sesuai dengan kemampuan ASN, TNI, dan Polri.

Sementara, untuk pelaksanaan penyediaan hunian ini, lanjut Paulus, terkendala pada masalah penyediaan lahan. Menurutnya, banyak lahan yang merupakan milik pemerintah dan sulit dialihkan izinnya menjadi hak milik sehingga bisa berpengaruh pada harga rumah bersubsidi.

"Makanya fokus kami untuk mendukung program penyediaan lahan ini harus terfokus dengan lahan, izin, dan skema pembiayaannya juga," ungkapnya.




Simak video 'Rencana Rumah Tanpa DP Untuk PNS, Anies: Alhamdulillah':

[Gambas:Video 20detik]

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed