Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Jan 2019 14:14 WIB

Jokowi Bangun 500 Rumah untuk Pemangkas Rambut Asli Garut

Ray Jordan - detikFinance
Foto: Ray Jordan Foto: Ray Jordan
Garut - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah membangun perumahan khusus untuk pemangkas rambut asli Garut alias 'Asgar'. Ada 500 rumah yang akan dibangun di Garut.

"Kita mau bangun perumahan khusus untuk tukang cukur Garut untuk PPRG. PPRG itu Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut," kata Jokowi usai pangkas rambut di Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).

Direncanakan, ada 500 rumah yang dibangun. Namun untuk tahap awal baru dibangun 150 rumah. Jokowi pun sempat meninjau langsung dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan perumahan tersebut di Desa Sukamukti, Garut.

"Ini rumah contoh yang akan dibangun tipe 30 tanahnya seluas 60. Artinya sudah lebar ini tanahnya," katanya.


Nantinya, para pemangkas rambut itu bisa mencicil Rp 800.000 per bulan untuk melunasi rumah seharga Rp 130 juta tersebut.

"Kita harapkan nantinya cicilan per bulan kurang lebih Rp 800.000 dari rumah dan tanah seharga Rp 130 juta. Ini sudah 150, rencana ini sudah laku 140 rumah. Artinya minat dari anggota Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut ini sudah ambil semua. Nanti tinggal sisanya yang berikutnya akan menyusul," katanya.

Jokowi juga mengatakan, tidak hanya untuk para pemangkas rambut PPRG, komunitas lain yang berminat bisa dipertimbangkan.

"Ya semuanya nanti akan kita siapkan di provinsi-provinsi untuk komunitas-komunitas. Kalau komunitas menghendaki artinya ya fasilitas kredit disiapkan, subsidi FLPP, uang muka semua disiapkan. Ini bagus kan? Karena ini ada yang di Jakarta, di Bandung, di Serang, ada yang di Karawang," katanya.

"Tapi kalau setiap minggu kirim uang ke rumah biasanya Rp400.000-500.000. Karena pendapatan mereka rata-rata per bulan Rp 4 juta sampai Rp 6 juta. Kalau diambil Rp 800.000 ya enteng," imbuh Jokowi.

(rjo/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed