Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Jan 2019 11:55 WIB

Pengembang hingga Pakar Kumpul Bahas Prospek Bisnis Properti 2019

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Para ahli properti pagi ini berkumpul untuk membahas prediksi dari perkembangan sektor properti di dalam negeri di tahun 2019.

Mereka adalah Ignatius Untung, Asep Nurwanda, Ketua Umum AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) Lukas Bong, Ketua Umum Real Estate Indonesia Soeleman Soemawinata serta Financial Planner Ligwina Hananto.

Topik yang paling hangat dibahas terutama soal peluang-peluang bisnis properti di 2019. Country General Manager Rumah123.com Ignatius Untung mengatakan bahwa harga properti masih terjangkau dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

"Pasar Properti yang masih melambat sejak 2015 membuat harga properti terlihat lebih terjangkau dibandingkan beberapa tahun sebelumnya memperkuat alasan mengapa ini adalah waktunya beli properti," jelasnya dalam diskusi bertajuk Property Outlook 2019 di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (24/1/2019).



Berbicara mengenai data para konsumen di tahun 2018, harga rumah yang diminati berkisar Iima ratus juta sampai dengan satu milyar rupiah. Tiga area pencarian yang meningkat di Jabodetabek ada di beberapa kota Depok, Tangerang, dan Bogor. Menariknya pencarian properti di Surabaya meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumya.

"Hal ini dapat dilihat pada 2018 trend pencarian rumah tidak turun di bulan-bulan yang terdahulu dianggap bukan bulannya properti seperti pada saat bulan Juni-Juli bulannya anak sekolah dan juga bulannya Iebaran," Tambahnya.




Kepala Subbidang Primer Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Asep Nurwanda mengatakan bahwa pertumbuhan sektor real estate dan konstruksi masih stagnan di tahun 2019.

"2019 ini stabil tapi stabilnya di level yang kurang menggembirakan, di bawah rata-rata pertumbuhan nasional," tandas dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com