Kerja Freelance tanpa Penghasilan Tetap, Bagaimana Cara Beli Rumah?

Nabilla Putri - detikFinance
Kamis, 24 Jan 2019 16:02 WIB
Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Jakarta - Kaum milenial kini sudah melek dengan investasi properti, khususnya rumah untuk masa depan. Namun, tidak semua milenial mengalami perjalanan yang mulus dalam membeli rumah, karena tidak semua kaum milenial bekerja dalam kantor, bagaimana mewujudkan kaum milenial freelance dalam mendapatkan investasi rumah?

Bagi kaum milenial freelance, untuk mengajukn KPR dalam pembelian properti seringkali diragukan dalam perjalanan pembayaran ke depan. Sebab, freelance dianggap tidak memiliki penghasilan bulanan atau tetap yang dapat menjamin keberhasilan dalam pembayaran hingga akhir. Untuk itu bagi kaum milenial perlu mengetahui beberapa saran jika ingin memiliki rumah.

"Sebenarnya ada beberapa trik, yang pertama sekarang sudah ada developer ya. Cicilan bulanan menggunakan developer, menurut saya itu solusi paling cepat walaupun risikonya juga lumayan besar," ungkap Country General Manager Rumah123.com, Ignatius Untung dalam acara Property Outlook 2019 di Ballroom JS Luwansa Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).


Kedua, lanjut Untung, ada beberapa bank yang menawarkan KPR untuk profesional. Dengan penghasilan tidak tetap namun pembayaran yang dilakukan akan tetap rutin, walaupun dengan nominal yang berbeda-beda setiap bulannya.

"Saran saya jika beli properti itu lewat KPR, ya jika tidak lolos berarti kita tidak mampu, jika dipaksakan di tengah jalan tidak bisa bayar ya rumah lelang," tambah Untung.

Untuk itu ia memberikan saran ketiga ialah untuk mengikuti aturan. Dengan mengikuti aturan tanpa mengatas namakan orang tua dalam proses pembelian rumah akan meminimalisir adanya pemberhentian pembayaran di tengah.


Sekadar informasi, Rumah123.com merupakan situs properti no.1 di Indonesia yang juga menjadi bagian dari REA Group, pemimpin pasar untuk portal properti di Australia yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Macau, Thailand, Melbourne, Eropa dan Amerika. (idr/hns)