Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Feb 2019 17:31 WIB

Batal Disewakan, Wisma Atlet Kemayoran akan Jadi Rumah Dinas PNS

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Wisma Atlet Kemayoran/Foto: Grandyos Zafna Wisma Atlet Kemayoran/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun sebagai fasilitas atlet dan official Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 batal dialihfungsikan menjadi rumah susun sewa bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Bekas hunian para atlet yang menelan biaya Rp 3,5 triliun tersebut bakal difungsikan menjadi rumah dinas aparatur sipil negara (ASN).

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja.

"Rencananya begitu. Menurut statement Pak Menteri (Basuki Hadimuljono) kalau yang di Kemayoran itu akan jadi rusun untuk ASN," katanya kepada detikFinance, Selasa (26/2/2019).


Perubahan peruntukan ini kata dia menyusul masih kurangnya ketersediaan hunian rumah dinas yang bisa dimanfaatkan ASN. Sementara bagi MBR, pemerintah akan memanfaatkan sejumlah rumah susun yang segera rampung dalam waktu dekat seperti rusun Pasar Rumput di kawasan Jakarta Selatan.

Penyediaan hunian untuk ASN juga diharapkan bisa mendorong peningkatan produktifitas dan kualitas hidup para abdi negara tersebut.

"Kan banyak juga ASN yang belum punya rumah, kebutuhan huniannya belum tercukupi. Kita juga perlu mendisiplinkan ASN selain untuk alasan produktivitas," ungkapnya.


Diharapkan proses serah terima aset dari Kementerian PUPR kepada Kementerian Sekretariat Negara selaku pemilik aset dapat segera dilaksanakan. Sehingga hunian Wisma Atlet Kemayoran yang berisikan tak kurang dari 7.000 unit rusun tersebut bisa segera ditempati oleh para ASN.

"Nanti Setneg yang atur persyaratan atau mekanisme penghuniannya," jelas Endra. (eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com