Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Mar 2019 17:58 WIB

Pengembang Besar Mulai Tertarik Bisnis Rumah Murah?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Jakarta - Nama Donald Sihombing sempat muncul dalam daftar populer pencarian di internet. Donald Sihombing menjadi salah satu wajah baru yang masuk jajaran orang terkaya di dunia asal Indonesia versi Majalah Forbes.

Donald sendiri merupakan pendiri PT Totalindo Eka Persada. Perusahaan ini membangun gedung-gedung besar dan bergengsi di Jakarta seperti Hotel Four Seasons, Hotel Mulia, dan lain-lain.

Perusahaan ini saat ini juga masuk ke bisnis rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) DP Rp 0 milik Pemprov DKI Jakarta.

Masuknya Totalindo Eka Persada ke bisnis rumah murah pun menarik untuk diulas. Benarkah para pengembang besar mulai berminat masuk ke bisnis MBR?

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko Heripoerwanto mengatakan, selama ini pengembang besar jarang masuk ke proyek MBR. Mereka, kata Eko, biasanya masuk ke bisnis MBR melalui perusahaan di grup usahanya.


"Selama ini pengembang-pengembang besar memang belum banyak yang masuk, tetapi setidaknya grupnya ada yang masuk," ujarnya di Kementerian PUPR Jakarta, Jumat (8/3/2019).

"Mereka punya grup yang spesialisasi rumah MBR, grup mereka masuk," sambungnya.

Eko sendiri tak mempermasalahkan grup besar masuk dalam bisnis rumah murah. Sebab, memang tidak ada batasan pengembang yang masuk ke bisnis rumah MBR.

"Nggak ada larangan, kan clear ya. Nggak ada obstacle, silakan kalau mau masuk," ujarnya.



Pengembang Besar Mulai Tertarik Bisnis Rumah Murah?
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed