Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 13 Apr 2019 19:33 WIB

Rumah di Istanbul Disebut Paling Murah, Berapa Harganya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Istimewa/inhabitat Foto: Istimewa/inhabitat
Jakarta - Harga rumah di dunia terus meningkat. Hal ini seiring dengan kebutuhan hunian yang terus bertambah. Namun, kota Istanbul; berdasarkan laporan Global Living 2019 merupakan kota yang harga rumahnya paling murah. Berapa harganya?

Mengutip sebuah laporan, Istanbul disebut memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik yakni 6% per tahun. Hal ini menyebabkan pertumbuhan pada sektor konstruksi dan perumahan.

Harga rumah premium di Istanbul rata-rata tercatat US$ 97,39 ribu atau setara dengan Rp 1,38 miliar (kurs Rp 14.200) dengan populasi sekitar 15,02 juta. Sementara itu untuk transaksi properti tahun lalu mencapai 236,3 ribu kali. Harga rumah di Turki tahun lalu mengalami pertumbuhan 6,1%.



Di istanbul infrastruktur pendukung hunian seperti lintas bawah, bandara, hingga Grand Istanbul Tunnel merupakan daya tarik untuk masyarakat Istanbul. Meskipun sempat terjadi penguatan dolar AS terhadap Lira Turki dan mempengaruhi harga material untuk konstruksi.

Kemudian harga rumah murah kedua berada di Ho Chi Min City yakni seharga US$ 103,05 ribu. Lalu kota Bangkok US$ 106,38 ribu. Selanjutnya Kuala Lumpur US$ 119,73 ribu dan Lisbon US$ 207,83 ribu.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com