Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Apr 2019 12:37 WIB

Buka Halal Park di GBK, Jokowi Target 5 Juta Wisatawan Halal Masuk RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Jokowi. (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: Jokowi. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia dalam rangka pariwisata halal sebesar 5 juta orang.

Angka tersebut seperempat dari target wisman pada tahun 2019 yang ditargetkan sebesar 20 juta orang.

"Tahun 2019 target kunjungan wisatawan halal ke Indonesia adalah 5 juta orang ini seperempat dari total target wisatawan yang kita harapkan datang ke Indonesia," kata Jokowi usai meresmikan pembangunan Halal Park di Komplek GBK, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019).


Jokowi menceritakan, industri pariwisata halal menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi. Hal itu juga menjadi potensi yang harus dimanfaatkan oleh Indonesia.

Dia mengatakan, proyeksi permintaan produk halal di tahun 2019 mencapai US$ 3,7 triliun atau naik 9,5% dari tahun 2013 yang sebesar US$ 2 triliun. Bahkan, di tahun 2018 terdapat 140 juta wisatawan muslim yang mengeluarkan (spending) rata-rata US$ 35 per orang. Angka ini diramalkan akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Artinya ada sebuah segmen pasar yang digarap, Apalagi kita adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia," ujar dia.


Oleh sebab itu, orang nomor satu di Indonesia ini berharap pembangunan Halal Park menjadi penggerak utama pengembangan industri halal di tanah air

"Industri wisata halal telah ditetapkan sebagai leading sektornya, penggerak utama bagi pengembangan industri halal kita. Dari sini lah nanti semua bisa ketarik," ungkap dia. (hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com