Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 19:00 WIB

Bicara Lokasi Ibu Kota Baru, Menteri PUPR: Paling Aman Kalimantan

Hendra Kusuma - detikFinance
Calon lokasi ibu kota baru yang disiapkan Pemprov KaltengFoto: Eduardo Simorangkir Calon lokasi ibu kota baru yang disiapkan Pemprov KaltengFoto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta paling aman di Kalimantan. Sebelumnya, selain Basuki, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan ibu kota baru bisa Sulawesi, yaitu Mamuju.

Menurut Basuki, wilayah Sulawesi berada di jalur cincin api atau ring of fire, yaitu daerah yang rentan letusan gunung berapi atau gempa bumi.

"Ya. Sulawesi dibilang Pak JK, kalau mau di pusatnya itu Mamuju, Pare-pare, tapi itu ring of fire. Sulawesi kalau tidak mau ring of fire itu Makassar, tapi tidak di tengah itu. Paling aman Kalimantan," ujar Basuki usai rapat terbatas (ratas) tentang pemindahan ibu kota di kantor Presiden, Komplek Istana Presiden, Jakarta Senin (29/4/2019).

Sebelumnya Palangka Raya ibu kota provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sempat jadi perbincangan karena disebut-sebut jadi calon ibu kota baru. Pemprov Kalteng juga sudah menyiapkan lokasi ibu kota baru di antara kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas.


Yang jelas, kata Basuki, lokasi calon ibu kota belum diputuskan oleh Presiden Jokowi, sehingga ratas kali ini baru sebatas pembahasan kriteria.

"Menurut Presiden, ini cuma Pak Presiden saja yang tahu, jadi tadi belum dibuka, baru kriterianya," ungkap dia.

Basuki menambahkan dalam penjelasan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas di hadapan presiden, ada beberapa opsi yang disampaikan. Pertama, ibu kota tetap di Jakarta.


Kedua, pindah ke pinggiran Jakarta, yaitu Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Ketiga, pindah ke luar Jawa.

"Jadi Pak Bappenas kan hanya jelaskan kriterianya saja, belum lokasi. Itu misalnya dia harus di luar Ring of Fire, ada sumber airnya, ada potensinya dekat pantai, walaupun tidak di pantai tapi ada akses ke sana, ada pelabuhan," terang Basuki.


Tonton juga video Jokowi Restui Ibu Kota Pindah ke Luar Pulau Jawa:

[Gambas:Video 20detik]


Bicara Lokasi Ibu Kota Baru, Menteri PUPR: Paling Aman Kalimantan
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com