ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 16:42 WIB

Bukan Palangka Raya, Kalteng Siapkan Dua Lokasi Ibu Kota Baru

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Pindah Ibu Kota Tim Infografis: Nadia Permatasari Foto: Pindah Ibu Kota Tim Infografis: Nadia Permatasari
Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terpilih menjadi kandidat ibu kota baru. Pemerintah setempat menyediakan dua kandidat lokasi untuk calon ibu kota baru.

Pertama, pemprov Kalteng menyiapkan Kabupaten Katingan dengan lahan seluas 120.000 hektare. Kedua, Kabupaten Gunung Mas dengan ketersediaan lahan 121.000 hektare.

Sebenarnya, Palangka Raya termasuk dalam kandidat ibu kota baru dengan ketersediaan lahan seluas 66.000 hektare.


Namun, Sugianto mengutamakan dua kandidat utama, yakni Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunung Mas. Pasalnya, Palangkar Raya dianggap sudah tidak layak untuk calon ibu kota baru. Penduduknya sudah cukup padat dan sudah terlalu banyak pembangunan.

"Palangka Raya dipilih karena historis dari keinginan Bung Karno dulu. Tapi sudah nggak fleksibel. Sudah banyak penduduk dan banyak pembangunan," jelas Sugianto.


Untuk total ketersediaan lahan di Kalteng, pemprov menyiapkan lahan seluas 300.000-500.000 hektare demi cegah kepadatan penduduk nantinya.

"Kata Pak Menteri membutuhkan 40.000 hektare. Tapi saya siapkan 300.000-500.000 hektare. Jadi lahan ini bukan hanya untuk 50 tahun ke depan, tapi seterusnya. Karena pasti akan terjadi kepadatan penduduk nanti," jelas Sugianto.


Simak Juga 'Ibu Kota Mau Pindah ke Mana?':

[Gambas:Video 20detik]

Bukan Palangka Raya, Kalteng Siapkan Dua Lokasi Ibu Kota Baru
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com