ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 12 Mei 2019 15:19 WIB

Jadi Calon Lokasi Ibu Kota Baru, Kalimantan Punya Infrastruktur Apa?

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Foto: Istimewa/PT Wijaya Karya Foto: Istimewa/PT Wijaya Karya
Jakarta - Pulau Kalimantan dinilai telah siap dan layak menjadi menjadi kandidat pengganti ibu kota Jakarta. Masuknya beberapa provinisi di Pulau Kalimantan sebagai kandidat merupakan cerminan bahwa daerah ini memiliki banyak potensi pembangunan.

Kalimantan jjuga tengah gencar membangun infrastruktur. Direktur Utama PT Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk membangun daerah Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Salah satu yang tengah dikerjakan oleh pihaknya adalah pembangunan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan.

"Jalan Tol Balikpapan - Samarinda yang akan menjadi jalan tol pertama di Kalimantan, sekaligus menghubungkan kedua kota terbesar di Kalimantan Timur tersebut," ungkap Tumiyana pada keterangan tertulisnya yang diterima detikFinance, Minggu (12/5/2019).


Selain terlibat dalam pembangunan jalan tol itu, WIKA pun telah membangun beberapa infrastruktur penting di Kalimantan Timur seperti PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) 2x50/60 MW Kalimantan Timur (Kaltim), dan Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan (SAMS) sebagai pintu masuk menuju provinsi tersebut.

Sementara itu, di Kalimantan Tengah yang juga merupakan kandidat ibu kota lainnya, WIKA juga telah mengerjakan proyek Jembatan Tumbang - Samba yang menjadi jembatan terpanjang lintas tengah pulau Kalimantan.


"Pengerjaan jembatan ini sudah mencapai progress 88,44% dan ditargetkan akan selesai pada November 2019," ujar Tumiyana.

Jembatan ini menghubungkan jalur lintas tengah Kalimantan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang dilalui. Terlebih lagi daerah tersebut memang terkenal kaya akan sumber daya alamnya yaitu sawit dan karet, serta beberapa hasil pertambangan.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com