Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Mei 2019 11:30 WIB

Konsep Ibu Kota Baru yang Ideal Seperti Apa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy/detikcom Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Pemerintah makin serius untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke wilayah lain di luar Pulau Jawa. Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebutkan saat ini pemerintah sudah melakukan kajian dan tinjauan wilayah langsung.

Bambang menjelaskan saat ini pemerintah juga sedang melihat sistem perkotaan yang sudah ada saat ini.

"Itu yang kita alami sekarang, sebenarnya akan lebih baik kalau pusat bisnis dan pusat pemerintah itu terpisah," kata Bambang saat Blak-blakan dengan detikcom, pekan lalu, di Jakarta.

Dia mengungkapkan hal ini karena pemerintah bukanlah pelaku bisnis melainkan regulator.


Kemudian disampaikan, saat ini Jakarta sudah memiliki beban yang terlalu berat dengan menampung sekitar 10,3 juta jiwa penduduk.

"Artinya kita selama ini gagal untuk menyebarkan kegiatan ekonomi itu ke wilayah lain di Indonesia termasuk di Pulau Jawa Sendiri. Nah kenapa tidak ada opsi pindahkan ke wilayah lain di luar Pulau Jawa," imbuh dia.

Bambang mengatakan untuk ibu kota baru ini diharapkan tidak akan mengulangi kegagalan dari negara lain. Sehingga pemerintah akan benar-benar memperhatikan secara detail terkait perpindahan ini.

Menurut dia, kota baru ini harus memiliki infrastruktur yang memadai yang paling basic adalah jalan, jalan penghubung, kemudian bandara dan akses ke pelabuhan.



Hal tersebut agar kota baru ini bisa tetap berkembang karena didukung oleh kota fungsional di sekelilingnya.

"Makanya kita akan cari lokasi ibu kota baru itu dekat dengan kota yang sudah punya fasilitas dan infrastruktur yang memadai," jelas dia.

Mantan menteri keuangan ini mengungkapkan membangun ibu kota baru itu adalah memang harus di wilayah yang kosong, bukan kota yang sudah ada.


Simak Juga Video Terbaru Topreneur di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]


Konsep Ibu Kota Baru yang Ideal Seperti Apa?
(kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed