Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 28 Jun 2019 09:35 WIB

Lahan DKI Kurang dan Mahal, Alasan Ada Perumahan di Atas Thamrin City

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
FOKUS BERITA Townhouse di Atas Mal
Jakarta - Lahan kosong di Jakarta kian menipis. Kalau pun ada harganya mungkin sudah selangit, khususnya di pusat kota. Di tengah kondisi seperti itu terdapat tuntutan masyarakat untuk tinggal di rumah tapak. Itu lah kondisi yang terpotret hingga akhirnya muncul perumahan di atas gedung.

Hal itu diungkapkan Assistant Vice President Marketing PT Agung Podomoro Land Zaldy Wihardja saat menceritakan pembangunan Cosmo Park yang baru-baru ini viral karena berdiri di atap Mal Thamrin City, Jakarta Pusat.

"Lahan di Jakarta sudah semakin berkurang dan mahal ya, akhirnya dibangun di atas gedung gitu," katanya saat berbincang dengan detikFinance ditulis Jumat (28/6/2019).

Hal itu dilakukan guna menyiasati keterbatasan yang ada. Sebenarnya ada opsi dari pihak pengembang untuk memanfaatkan atap Mal Thamrin City sebagai bengkel. Namun atas pertimbangan tertentu hal itu diurungkan.


"Daripada lahannya dipakai buat bengkel kotor nanti atau apapun itu, mendingan kita (bangun) rumah," jelasnya.

Menipisnya jumlah lahan di Jakarta pun diamini oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Kelik Indriyanto. Dia menilai keterbatasan lahan membuat pengembang perumahan harus berinovasi.

"Itu mungkin inovasi dari pengembangnya kali ya, mungkin dia ingin ada bentuk rumah tapak tapi lahan kurang, mereka bikin di atas apartemen gitu ya," jelasnya.



Apalagi kata dia saat ini kebutuhan masyarakat terhadap rumah tapak juga masih ada di ibu kota. Otomatis itu dijadikan peluang oleh pengembang.

"Iya itu mungkin terus difasilitasi sama pengembang kan walaupun dengan harga yang saya yakin itu harganya mahal lah," tambahnya.

Kompleks perumahan ini sudah ada sejak tahun 2006. Namun belakangan viral karena ada netizen yang heran melihat jajaran rumah dibangun di atas mal.



Simak Video "Anies Naikkan PBB Lahan Kosong 200% Jika Telantar"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Tidak Sembarang Orang Bisa Masuk ke Cosmo Park"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
FOKUS BERITA Townhouse di Atas Mal
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed