Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Jul 2019 10:15 WIB

899 Orang akan Diproses Kredit Rumah Dp Rp 0

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
FOKUS BERITA Menanti Rumah DP Rp 0
Jakarta - Rumah uang muka atau down payment (DP) Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur sudah hampir rampung. Namun, masyarakat yang ingin membelinya belum mendapat kejelasan.

Padahal, mereka sudah mendaftar supaya bisa mendapatkan unit hunian vertikal tersebut.

Kepala UPT Rumah Dp Rp 0, Dzikran Kurniawan menjelaskan, pendaftaran yang dilakukan beberapa waktu lalu untuk memverifikasi masyarakat yang berhak mendapatkan rumah DP 0. Mereka ialah yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan rumah tersebut.

Lanjut Dzikran, jumlah pendaftar yang masuk sekitar 2.500. Dari situ, tersaring sampai 899 orang. Sebanyak 899 ini nantinya akan direkomendasikan ke Bank DKI untuk diproses kredit.


Tentu saja, bank akan kembali melakukan seleksi sehingga jumlahnya bisa berkurang.

"Yang kita nominasikan sekarang diproses perbankan 800-an, yang kita rekomendasikan ke bank. Kemudian bank melakukan seleksi, ke BI checking, sekarang SLIK OJK Sistem Informasi Lembaga Keuangan OJK. Hampir 900, 899 kita dorong Bank DKI. Itu masih diproses sekarang," katanya kepada detikFinance, Senin (1/7/2019).

Dia mengatakan, banyaknya pendaftar yang tak lolos karena sejumlah sebab, antara lain, ternyata bukan warga Jakarta, sudah meninggal, atau sudah pindah dari Jakarta.

Kemudian, jumlah anggota keluarga yang akan menempati rumah tersebut tak memenuhi hunian yang layak.


"Ada juga yang misalnya kita kan harus menyediakan hunian layak, hunian layak didefinisikan standar room space, standar nasional 9 m2 per orang. Kalau anak 3 harusnya 9x3. Kalau anak 3 kan berarti 5 (orang). 9x5 45m2 harusnya punya anak 3 rumahnya minimal 45 m2 kira-kira yang kita pahami. Cuma, diperkenankan minim 7 m2 Klapa Village paling tinggi 36m2," jelasnya.

Ada juga masyarakat yang berpenghasilan di atas Rp 7 juta ikut mendaftar. Lalu, dalam satu keluarga mendaftar lebih dari satu orang.

"Ada juga yang satu pemohon, artinya istri ngajuin, suaminya ngajuin. Yang kita proses satu pemohon saja, satunya kita gugurkan," tutupnya.



Tonton juga video Jawaban Anies soal Reklamasi dan Tudingan Ingkar Janji:

[Gambas:Video 20detik]


899 Orang akan Diproses Kredit Rumah Dp Rp 0


Simak Video "Pemesan DP Rp 0 Punya Harley, Anies Pastikan Sesuai Kriteria"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
FOKUS BERITA Menanti Rumah DP Rp 0
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com