Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 06 Jul 2019 16:00 WIB

Rumah Buatan Toyota dan Ciputra Diklaim Tahan Gempa Hingga Anti Panas

Uji Sukma Medianty - detikFinance
Foto: Uji Sukma/detikcom Foto: Uji Sukma/detikcom
Tangerang - PT Ciputra Residence meluncurkan rumah di kawasan premium CitraRaya Cikupa, Kabupaten Tangerang. Berbeda dengan rumah di kelas yang sama sebelumnya, kali ini CitraRaya menggandeng Toyota Home Corporation untuk mengaplikasikan teknologi yang ada di Jepang.

Rumah ini dijual dengan harga Rp 1,5 miliar-3,5 miliar per unitnya. Pada tahap pertama, PT Ciputra Residence hanya akan menjual 19 unit. Seperti apa keunggulannya?

Mengadopsi teknologi rumah-rumah di Jepang, Cluster Bali Dwipa ini juga didesain tahan gempa. Toyota Housing Indonesia, anak perusahaan Toyota Home Corporation menggunakan metode standar dunia 2x4 yang lebih diperkuat.

Rumah yang dijual oleh PT Ciputra Residence ini diklaim tidak rubuh jika terjadi gempa. Hal ini mengingat Indonesia yang terletak di cincin api.


"Indonesia adalah negara yang sering terjadi gempa. Pada 2016 pun di Aceh terjadi gempa dengan kekuatan 6,5 skala richter. Di Jepang pada tahun yang sama juga terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,3 skala richter tepatnya di Kumamoto. Tapi tidak satupun rumah Toyota Housing di Jepang di sana yang rubuh," kata President Toyota Housing Indonesia Kazutoshi Shibata di CitraRaya Cikupa Kabupaten Tangerang, Sabtu (6/7/2019).

Selain itu, rumah ini juga menggunakan Glass Wool, yang akan menciptakan ruang yang nyaman di dalam rumah. Sebab dinding rumah akan dilapisi oleh penahan panas.

Toyota mengisi bagian dinding dengan glass wool dengan tujuan supaya panas dari luar rumah tidak dapat masuk menembus ke ruangan. Begitupun saat malam hari, ruangan akan tetap terasa sejuk.

Keunggulan lainnya adalah rumah di Cluster BaliDwipa CitraRaya menggunakan panel baja, yaitu panel logam berdaya tahan tinggi yang dibuat berdasarkan perhitungan struktur. Selain tahan gempa, panel ini membuat daya tahan rumah meningkat.


Di samping itu, metode konstruksi perakitannya juga berkualitas tinggi. Toyota Housing merakit material baja yang sebelumnya sudah difabrikasi. Dengan metode seperti ini, pengerjaan bisa dilakukan dengan cepat dan kualitas tinggi tanpa dipengaruhi kondisi cuaca.

Adapun, rumah ini juga didesain anti bocor. Fungsi anti bocor di seluruh atap ini menerapkan uji teknologi yang juga sudah ada di Jepang. Atap rumah ini dilapisi oleh membran anti bocor. Pada saat pembangunan pun, Toyota Housing Indonesia tes semprot ke semua unit. Sehingga ketahanan air dapat terjamin dengan baik.



Tonton Video Mengintip Sekolah dan Masjid Tahan Gempa di Lombok:

[Gambas:Video 20detik]

Rumah Buatan Toyota dan Ciputra Diklaim Tahan Gempa Hingga Anti Panas


Simak Video "Pentas Musikal ‘West End’ Siap Tampil Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed