Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 10 Agu 2019 12:02 WIB

Pendaftaran Rumah DP Rp 0 Anies Dibuka Lagi, Warga Antusias

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Pendaftaran rumah DP Rp 0 dibukan kembali/Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom Pendaftaran rumah DP Rp 0 dibukan kembali/Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta membuka kembali pendaftaran untuk Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pendaftaran kedua hunian vertikal bernama Samawa ini dibuka sejak 7 Agustus sampai 13 Agustus 2019.

Dari pantauan detikFinance hari ini, Sabtu (10/8/2019) masyarakat antusias berdatangan ke lokasi pendaftaran di Rusun Samawa di Kawasan Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Perlahan-lahan masyarakat mulai berdatangan dan memenuhi tempat pendaftaran yang dibuka sejak pukul 09.00 WIB, dan ditutup pukul 17.00 WIB.

Di tempat pendaftaran yang dibuka ini masyarakat bisa bertanya dan mendapatkan informasi mengenai Rusun Samawa, mulai dari tipe, harga, hingga simulasi cicilannya ke petugas Dinas Perumahan DKI Jakarta.

Masyarakat juga bisa langsung melakukan pendaftaran awal rumah DP Rp 0. Bagi yang ingin mendaftar cukup membawa dokumen syarat pendaftaran, mulai dari KTP, Kartu Keluarga, hingga NPWP.


Masyarakat yang datang cukup banyak, hingga berita ini ditulis saja sudah ada 41 orang yang mengambil nomor antrean untuk bertanya informasi ataupun melakukan pendaftaran awal Rumah Samawa DP Rp 0. Bahkan, beberapa yang datang sudah ada yang membawa dokumen pendaftaran.

Salah satunya Melinda, ibu rumah tangga yang tinggal di daerah Cililitan ini datang dengan membawa dokumen lengkap untuk pendaftaran.

"Saya kebetulan memang sudah siap daftar, udah nggak ada nanya-nanya lagi, kemarin saya telat yang pertama. Kebetulan dibuka lagi ya udah saya daftar aja," jelas Melinda kepada detikFinance.

Lain lagi dengan Samsul dan Imas, kedua suami istri datang untuk mencari informasi mengenai rumah DP Rp 0. Katanya mereka tertarik setelah melihat saudaranya sudah ada yang lolos pendaftaran pada tahap ke-1.

"Kami sih datang dulu mau cari-cari informasi soal rumahnya, dapet info dari internet sama diajak sama saudara yang udah daftar dan dipanggil, dia aja bisa dapat kali aja kita juga," kata Imas.


Samsul menambahkan hari ini sendiri dia dan istrinya baru mau mencari informasi terlebih dahulu, khususnya simulasi cicilan.

"Penginnya sih ambil yang tipe dua kamar ya, kita cek dulu lah nanya informasinya. Ini sih yang penting dapat informasinya aja dulu apalagi cicilannya, nanti kita pikirkan lagi," kata Samsul.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa pendaftaran kepemilikan rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur kembali dibuka. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 7 hingga 13 Agustus nanti.

Kalau menurut Anies, pendaftaran gelombang kedua dibuka kembali karena minat dan antusias masyarakat yang masih tinggi terhadap program DP 0 Rupiah Solusi Rumah Warga (Samawa).

"Kamu bisa Iangsung mengajukannya ke Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa Jakarta. Batas waktunya hanya sampai 13 Agustus 2019," demikian pengumuman yang disampaikan Anies di akun Facebook-nya, Jumat (9/8/2019).

Simak Video "Pemesan DP Rp 0 Punya Harley, Anies Pastikan Sesuai Kriteria"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed