Seputar Ibu Kota Baru Indonesia yang Diumumkan Jokowi Hari Ini

Puti Yasmin - detikFinance
Senin, 26 Agu 2019 14:42 WIB
Seputar Ibu Kota Baru Indonesia yang Diumumkan Jokowi Hari Ini/Foto: Joko Widodo (Jokowi) umumkan ibu kota baru (Andhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengumumkan lokasi Ibu Kota baru Indonesia. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers di Istana Negara bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Turut hadir pula, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, dan Menteri ATR Sofyan Djalil.



Nah, berikut fakta-fakta Ibu Kota baru Indonesia yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Dibahas Soekarno

Jauh sebelum dijalankan oleh Jokowi, pemindahan Ibu Kota baru telah dibahas oleh presiden pertama RI Soekarno. Hanya saja, Soekarno berencana memindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

2. Dilaksanakan Jokowi

Setelah kajian pemindahan Ibu Kota baru milik Soekarno tak berjalan. Pada 2017, Jokowi mulai melakukan pembahasan serius guna melaksanakan pemindahan Ibu Kota.

3. Empat Pilihan

Dari pembahasan tersebut, pemerintah menyebutkan empat lokasi untuk Ibu Kota baru. Pertama, adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat.

4. Diputuskan Pindah ke Kalimantan Timur

Akhirnya Jokowi memutuskan Ibu Kota baru akan berlokasi di Kalimantan Timur. Adapun, sebagian lokasi berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara.



5. Telan Biaya Hingga Rp 466 T

Pemindahan Ibu Kota baru disebut Jokowi memakan dana hingga Rp 466 triliun. Namun dari total yang dibutuhkan, hanya 19% dana yang diambil dari APBN.

6. Nasib Jakarta

Jokowi memastikan, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan perdagangan setelah Ibu Kota baru pindah ke Kalimantan Timur. Maka dari itu, Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan.

[Gambas:Instagram]



Simak Video " Jokowi Tegaskan Ibu Kota Baru Tak Mencaplok Hutan Lindung"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)