Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 01 Sep 2019 17:56 WIB

Proyek Viral Agung Podomoro di Ibu Kota Baru Sudah Mulai Sejak 2013

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Borneo Bay City Foto: Borneo Bay City
Jakarta - Pengumuman pemindahan ibukota ke Kalimantan Timur yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada pekan ini memberikan angin segar bagi para pelaku ekonomi di Kalimantan. Khususnya, bagi para pengembang proyek properti di sekitar wilayah itu.

Salah satu yang merasakan dampak positif ini adalah PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN). Perusahaan ini ternyata sudah memiliki proyek Borneo Bay City di kota Balikpapan sejak 2013 silam.

"Ini berkah buat kami. Rencana pemindahan ibukota ke Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kabupaten Penajam Pasir Utara yang relatif berdekatan dengan lokasi Borneo Bay City ternyata makin meningkatkan minat masyarakat terhadap properti kami di sini," ujar Direktur PT Agung Podomoro Land, Agung Wirajaya dalam keterangannya, Minggu (1/9/2019).


Menurut Agung, pengembangan Borneo Bay City sama sekali tidak ada hubungannya dengan rencana perpindahan ibukota dari Jakarta ke salah satu wilayah Kalimantan.

"Proyek properti ini sudah kami kembangkan sejak 2013 karena sejak dulu kami telah melihat potensi perkembangan kota Balikpapan yang prospektif ke depan," ujar Agung Wirajaya.

Agung menambahkan, rencana pemindahan ibukota ke Kalimantan tidak hanya memberikan dampak positif bagi para pelaku di sektor properti saja.

"Multiplier effect dari rencana strategis pemerintah ini akan berdampak positif kepada banyak hal. Terutama untuk mempercepat pembangunan di kawasan timur Indonesia," jelas Agung lagi.

Balikpapan dan wilayah lain di Kalimantan, menurut Agung, tentunya akan menjadi wilayah yang lebih cepat menerima dampak positif dari rencana pemerintah ini. Menyusul kemudian wilayah Indonesia timur lain juga akan merasakan multiplier effect yang nyata dan akan berkembang semakin pesat lagi.

"Kelak, akan ada tambahan satu kota besar baru di kawasan timur Indonesia yang menjadi salah satu pusat kegiatan ekonomi Indonesia," tambah Agung.

Sebelum santer terdengar wacana perpindahan ibukota ke Pulau Kalimantan, kota Balikpapan sudah menjadi salah satu wilayah yang berkembang cukup pesat di Kalimantan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com