Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Sep 2019 11:11 WIB

Fadli Zon Kumpul Bareng Amien Rais Bahas Pemindahan Ibu Kota

Danang Sugianto - detikFinance
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon/Foto: Rengga Sancaya Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon masih mengkritisi rencana pindah ibu kota yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dirinya bahkan membuat acara khusus membahas rencana tersebut.

Fadli pagi ini bersama dengan Indonesia Resources Studies (IRESS) menggelar seminar yang bertajuk Menyoal Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara. Dia juga mengundang Amien Rais sebagai pembicara.

"Saya masih anggap ini sebuah wacana ketimbang rencana. Karena kalau rencana sudah ada timing jelas hitung-hitungan yang jelas. Tapi yang terjadi sekarang lebih wacana yang dilontarkan oleh presiden untuk pindahkan ibu kota," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (3/9/2019).


Fadli menambahkan, yang akan merasakan dampak dari rencana pemindahan ibu kota negara adalah rakyat. Oleh karena itu dirinya menggelar seminar untuk mengumpulkan aspirasi rakyat.

"Ada nggak partisipasi publik untuk didengarkan aspirasi publik. Jangan sampai dirampas oleh keinginan presiden. Apakah keinginan presiden itu mencerminkan keinginan masyarakat. Jangan sampai itu keinginan dirinya (Presiden) sendiri bukan keinginan rakyat," tambahnya.


Tak hanya itu, dalam sambutannya Fadli juga menyoal terkait belum adanya tindakan serius dari pemerintah. Itulah alasannya dia lebih menyebut rencana ini masih berupa wacana.

"Hingga saat ini belum ada dokumen legal dan konstitusional yang disampaikan pemerintah," tutupnya.

Simak Video "Dear Pemerintah, Waspadai Isu Lingkungan yang Bisa Muncul di Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com