Bakal Ada Badan Otorita Kelola Lahan di Ibu Kota Baru

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 17 Sep 2019 14:32 WIB
Foto: Menteri ATR Sofyan Djalil - Dok Humas Kementerian ATR
Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengatakan pemerintah akan membentuk Badan Otorita untuk mengatur lahan di ibu kota baru.

Dia mengatakan, nantinya Badan Otorita ini lah yang akan menguasai lahan di ibu kota baru.

"Di dalam kawasan ibu kota baru, kalau ibu kota baru nanti akan dibikin Otorita. Tanah itu akan dikuasai oleh Otorita," kata Sofyan di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta baru-baru ini saat diwawancara detikcom.

Badan Otorita ini dibutuhkan atas pertimbangan tertentu. Salah satunya untuk mengawal pembangunan ibu kota baru agar sesuai rencana.


"Supaya ada yang kelola karena ini kan nanti untuk sementara tidak ada wali kotanya ya. Itu daerah yang khusus. Jadi untuk mengelola itu dibutuhkan Otorita supaya pembangunannya itu betul-betul berkembang sesuai dengan rencana," jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Sofyan baru konsep-konsepnya saja yang mulai disiapkan. Untuk membentuk Badan Otorita tersebut harus menunggu Undang-undang mengenai pemindahan ibu kota baru negara.

"Konsepnya saja. Harus ada undang-undang mengenai pembentukan ibu kota. Kan harus diproses dulu yang itu-itu," jelasnya.

Namun saat ini belum ada pembicaraan secara mendalam mengenai rencana pembentukan Badan Otorita tersebut. Menurutnya Badan Otorita akan dibentuk tergantung kebutuhan, dengan catatan Undangan-undangan pemindahan ibu kota sudah ada.

"Ya sangat tergantung bagaimana kesiapan-kesiapan yang dibutuhkan. (Badan Otorita) bisa dibangun besok, bisa dibangun tahun depan," jelasnya.

Belum bisa dipastikan pula apakah nanti Badan Otorita ada di bawah kementerian, di bawah Sekretariat Negara atau apa. Dia menambahkan, itu nantinya akan sangat tergantung kebutuhan.

Simak Video "Jokowi Sebut Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)