Terbang ke Kaltim, Menhub Cek Lokasi Ibu Kota Baru

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 19 Sep 2019 10:15 WIB
Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Cek Ibu Kota Baru (Eduardo Simorangkir/detikFinance)
Balikpapan - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur. Mantan direktur utama Angkasa Pura II (AP II) tersebut dijadwalkan meninjau sejumlah sarana dan pra sarana perhubungan di provinsi yang menjadi lokasi ibu kota negara yang baru tersebut.

Budi tiba di Bandara International SAMS Sepinggan, Balikpapan sekitar pukul 09.45 WITA, Kamis (19/9/2019). Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor ikut hadir menyambut. Ini adalah kali pertama Budi berkunjung ke Kaltim setelah lokasi ibu kota baru ditetapkan oleh Presiden Jokowi Agustus lalu.

Rencananya, Budi akan meninjau beberapa lokasi strategis di Kaltim yang menjadi pendukung lokasi ibu kota baru. Di antaranya meninjau kecamatan Samboja di Kabupaten Kutai Kartanegara, perairan Penajam Paser Utara (PPU), dan melakukan focus grup discussion (FGD) dengan stakeholder setempat.


Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi telah memilih Kabupaten PPU dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur sebagai lokasi calon Ibu Kota Negara (IKN) yang baru pengganti Jakarta. Dua lokasi yang paling santer disebut menjadi titik pembangunan IKN ada di Kecamatan Sepaku di Panajam Paser Utara dan Samboja di Kukar.

Kecamatan Samboja yang nantinya akan ditinjau dengan menggunakan helikopter terletak di pesisir Timur pulau Kalimantan. Tepatnya di antara Kota Balikpapan dan Kota Samarinda, dan terhubung dengan tol Balikpapan-Samarinda yang saat ini sedang dibangun.


Pekan lalu, konsep transportasi ibu kota baru telah diserahkan ke Presiden Jokowi. Beberapa jenis transportasi massa yang dipertimbangkan bakal dibangun di antaranya Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT).



Terbang ke Kaltim, Menhub Cek Lokasi Ibu Kota Baru


Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/dna)